oleh

Keindahan Goa Macan Lereng Gunung Lengko

Nganjuk- Gunung Lengko, mungkin belum semua masyarakat mengetahui lokasinya. Padahal gunung yang berada di Desa Sambikerep Kecamatan Rejoso tersebut menyimpan keindahan alam yang tersembunyi.

Adalah goa macan, begitu masyatakat wilayah Kabupaten Nganjuk utara menyebut keindahan tersembunyi di gunung Lengko tersebut.

Kecantikan Goa di lereng pegunungan Sambikerep itu ditebarkan mulai dari bibir goa, keindahannya semakin nampak ketika memasuki areal goa dimana para pengunjung akan disambut ‘lambaian’ batang-batang staklaktit – stalakmit.

Goa macan ini ditemukan oleh warga desa setempat bernama Nyamat (45) beberapa tahun lalu, saat itu Nyamat mencari batu onik tanpa sengaja menemukan goa yang konon diyakini sebagai tempat peristirahatan puluhan macan (harimau-red), oleh karena itu warga lereng gunung Lengko menyebut goa alam tersebut dengan sebutan goa macan.

Didalam hutan yang berada jauh dari perkampungan penduduk, goa alam itu tergolong cukup unik, selain banyaknya stalaktit dan stalakmit bermotif menyerupai bunga melati dan berkilau seperti permata. Keunikan lain dari goa macan terdapat puluhan batu yang apabila dipukul mengeluarkan suara berbeda layaknya musik tradisional seperti gong.

Goa alam yang berada di petak 147 RPH Balong KPH Nganjuk, memiliki kedalaman sekitar 10 meter dari permukaan tanah, panjang sekitar 20 meter dari rongga mulut goa dengan diameter 2 meter persegi dan rongga goa bagian dalam sekitar 6 x 12 meter persegi.

Dengan luas rongga bagian dalam itu diperkirakan mampu menampung sebanyak 50 pengunjung. Warga memperkirakan bebatuan dalam gua itu masih hidup, sebab bentuknya terus memanjang dan mengeluarkan air dari mulut batu stalaktit dan stalakmit.

Reporter : agus bima

Komentar

News Feed