oleh

Yuk Lihat Proses Produksi Bata Merah Sonopatik

Nganjuk- Bertahan di bawah terik matahari yang menyengat, adalah hal biasa bagi para ibu rumah tangga di Dusun Patik Desa Sonopatik Kecamatan Berbek. Mereka menjalankan rutinitas seperti itu setiap hari, para ibu rumah tangga tersebut mencetak bata merah. Pekerjaan mencetak bata merah ini sudah menjadi aktifitas mereka sejak puluhan tahun silam.

Sehingga dusun ini menjadi sentra produksi bata merah. Selain harga bersaing, kualitas bata merah dari Dusun Patik ini tidak kalah dengan produksi dari daerah lain. Hal itu terbukti, banyak pemesan dari luar Kabupaten Nganjuk.

Sulastri (40) salah satu pengrajin mengatakan, jika setiap harinya ia bisa mencetak antara 500 sampai 750 biji bata “Kalau seharian panas, kita cetak pukul 04.00 pagi, sore hari pukul 16.00 bisa disisik (dibersihkan-red) dan ditata,” ujar Sulastri.

Untuk bahan bakunya, Sulastri memanfaatkan lahan pekarangan ataupun area persawahan. Terkadang juga beli tanah dari luar daerah. ” Untuk bahan baku satu pikap harganya seratus ribu dan bisa dicetak menjadi seribu bata,” jelasnya

Sedangkan mengenai proses pembuatan bata merah, mula mula disiapkan lubang sedalam 0,5 meter, panjang 2 meter, lebar 0,5 meter yang biasa disebut kowen. Selanjutnya tanah dimasukan dan digenangi air selama selama 1 jam. Setelah air bercampur dengan tanah, baru diinjak injak hingga lembek. Setelah itu didiamkan semalam baru bisa dicetak. “Ini agar kualitas batanya bagus,” terang Sulastri

Setelah dicetak, bata dijemur untuk kemudian dibersihkan atau disisik dan ditata sampai kering. Setelah benar benar kering, baru dilakukan pembakaran. “Bahan bakar kayu hasilnya lebih bagus daripada  sekam,” jelas Sulastri.

Sampai saat ini, harga bata merah hasil pembakaran kayu dihargai sekitar Rp 650 ribu tiap 1000 biji. sedangkan untuk pembakaran sekam Rp 550 ribu. Pengrajin bata tidak perlu menawarkan ke berbgai tempat, karena para pembeli langsung datang ke Dusun Patik. “Itu pembelian di tempat, belum termasuk ongkos kirim,” tambahnya.

Bata merah produksi Dusun Patik Desa Sonopatik ini pangsa pasarnya hingga luar kota. Para pembeli biasanya mencoba kekuatan kualitas dengan cara membenturkan satu sama lain. Dengan cara itu, dapat diukur kekuatan bata untuk menentukan kualitasnya dengan produksi daerah lain.

Reporter : agus bima

Komentar

News Feed