oleh

Dengan Cara Ini, Pengganda Uang Menipu Korbannya

Kediri- Petugas Unit Reskrim Polsek Pagu berhasil menangkap tersangka kasus penipuan yang berkedok penggandaan uang. Adalah Joko Nugroho (57) warga Jalan Merbabu Blok D No 6 KP Permai RT 05, RW 09, KP Kiriman Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan Yulianto (50) warga Desa Padangan, Kecamatan Kayen Kidul,  Kabupaten Kediri. Disebutkan dalam laporan ia menjadi korban penipuan seseorang yang mengaku mampu menggandakan uang dengan nilai kerugian sebesar Rp 15 juta.

“Pada Rabu (28/6/2017) sekitar pukul 15.00 WIB korban melapor ke Mapolsek. Ia (korban-red) mengaku ditipu oleh seseorang yang baru dikenalnya. Pelaku meminta uang sebagai biaya ritual mengambil harta karun. Setelah uang diserahkan, janji uang akan digandakan menjadi ratusan juta tidak terbukti,” jelas Kapolsek Pagu AKP Bowo Wicaksono saat merilis kasus tersebut pada Kamis, (29/06/2017) siang ini.

Menindak lanjuti laporan korban, lanjut AKP Bowo Wicaksono, petugas langsung melakukan penyelidikan. Selang beberapa jam kemudian, anggota Reskrim berhasil  meringkus pelaku ketika dipancing untuk datang ke rumah korban.

“Selain menangkap pelaku, juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 6 buah kardus,  selembar foto kopi surat hibah yang diduga palsu dari  Kraton Ngayokjokarto, Selembar foto kopi surat kuasa dari KHRM. SURYO HADI NINGRAT SH, Sebungkus  dupa harum merk Sri Krisna, satu buah gelas tempat pembakaran dupa dan dua buah asahan kaca,” tambah Perwira yang pernah menjabat sebagai Kasubbag Humas Polres Kediri tersebut.

Saat ini, tambah AKP Bowo Wicaksono sudah ditahan di Mapolsek Pagu dan disangkakan melanggar pasal 378  jo pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan  dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

Atas kejadian tersebut, Kapolsek Pagu menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati – hati atas segala bentuk tawaran menggiurkan dari seseorang yang baru dikenal. Menginggat saat ini marak aksi kejahatan dengan berbagai modus.

Reporter : Rianto

 

Komentar

News Feed