oleh

Paripurna Istimewa LHP, Ricuh dan Memanas

Nganjuk- Sidang paripurna istimewa atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Timur, di gedung wakil rakyat Nganjuk diwarnai hujan interupsi dan berlangsung memanas. Jumat (14/07/2017) siang.

Meski tidak sampai diwarnai aksi walk out, namun sempat terjadi perdebatan sengit diantara anggota legislator dan eksekutif. Hal itu dipicu lantaran Surat Keputusan (SK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terkait dengan hasil pemeriksaan BPK hendak dibacakan oleh petugas Sekertariat dewan.”Memang seharusnya kalau surat keputusan itu yang membacakan adalah anggota DPRD bukan dari sekretariat, interupsi itu sudah betul,” kata Sumardi salah satu pimpinan DPRD Nganjuk pasca sidang istimewa tersebut.

Politisi Fraksi Golongan Karya (Golkar) ini menjelaskan, jika yang dibacakan itu masih berupa rencana keputusan (rantus), dibacakan sekretariat tidak menjadi persoalan, “Tapi kalau sudah menjadi surat keputusan DPRD, yang membacakan salah anggota dewan yang ditunjuk,” jelas Sumardi.

Informasi yang berhasil dihimpun akurasinews.com di gedung wakil, kericuhan dan suasana memanas ketika salah seorang staf sekretariat DPRD naik ke podium untuk membacakan surat keputusan terkait dengan LHP BPK Jatim, “Jadi begitu staf Setwan naik, langsung anggota Fraksi Hanura melakukan protes, akibat protes itu pimpinan menimpali sehingga suasana memanas,” kata sumber sembari menunjukkan rekaman di ponsel.

Begitu ada interupsi, hingga menimbulkan debat argumen dengan bahasa saduran (jawa-indonesia,red), Staf Sekretariat yang hendak membacakan SK penting itupun turun dari podium, “Ya karena jadi ricuh karena adu argumen, staf yang hendak membacakan surat itupun turun,” tutur sumber lagi.

Surat keputusan itupun akhirnya dibacakan oleh Marianto anggota Fraksi PDIP. Namun begitu, suasana kembali memanas setelah Marianto selesai membacakan surat keputusan. Bahkan ketika ketua DPRD dan unsur pimpinan turun memimpin sidang, Fauzi Irwana dari Fraksi Demokrat, Raditya Yuangga dari Fraksi HNPENAS dan Basori Sag, dari Fraksi Gerindra terus mempresure Plt Sekda Nganjuk Agus Subagjo yang masih duduk di kursi pimpinan.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed