oleh

RAPI Sepakat, Membangun Masyarakat Tanggap Bencana

Jombang –  Ratusan relawan komunikasi kebencanaan lintas organisasi se Jatim berkumpul di Aula Dinas Komunikasi Pemerintah Kabupaten Jombang. Kedatangan para relawan dari Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri dan Malang itu untuk memenuhi undangan pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah 08 Kabupaten Jombang. Minggu (30/7)

Dalam pertemuan yang dibuka oleh Teguh Sulistiono (JZ13ORR), Sekretaris RAPI Daerah 13 Jawa Timur tersebut menghasilkan komitmen bersama untuk pencegahan resiko bencana dan pelestarian lingkungan di sepanjang hulu-hilir Gunung Kelud dan Sungai Brantas.

“Semoga langkah kecil ini dapat berkelanjutan untuk bersama-sama mengurangi resiko bencana dan membangun masyarakat tanggap bencana,” ungkap Wakil Ketua RAPI Wilayah 08 Jombang, Cipto Wahyono (JZ13OSG).

Pembahasan dalam kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi dialog. Dalam sesi pertama dialog yang dipandu Ketua Panitia, Jalaluddin Hambali menghadirkan empat nara sumber. Yaitu Direktur ECOTON, Prigi Arisandi, Ketua JKPKA Dr. Sutarno, Amik Purdinata dari Brantas Berdaya dan AH Sutrisno (JZ13VQI) dari Tim Peduli Sungai Jombang.

Direktur ECOTON, Prigi Arisandi memulai paparan dengan sharing pengalaman menangani bencana ekologi yang makin marak di Jatim. Prigi lantas mengajak audiens untuk melakukan sesuatu dalam rangka penyelamatan kerusakan lingkungan. Dimulai dari diri sendiri dan keluarga, memulai dari hal mudah dan melakukannya secara berkelanjutan.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed