oleh

Penilaian Ketat, Jombang Raih Adipura Kencana

Jombang – Meskipun tahun ini penilaian dari pusat cukup ketat, Kabupaten Jombang berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana. Penghargaan di bidang lingkungan hidup ini diserahkan langsung Presiden Joko Widodo kepada Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko di Plaza Ir. Soedjono Soerjo Manggala Wanabakti Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, Rabu (02/08/2017).

“Adipura ini adalah adipura yang fenomenal. Karena kriteria penilaiannya sangat ketat dan tinggi. Sehingga, ini merupakan pencapaian dari Kabupaten Jombang yang luar biasa. Namun berkat kerja sama dari seluruh pihak, terutama masyarakat penghargaan ini dapat kita raih,” ujar Bupati Nyono Suharli Wihandoko. Kamis (03/08/2017)

Bupati Nyono Suharli Wihandoko mengaku sangat bangga dengan penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup ini. Namun demikian, orang nomor satu di kota santri ini tidak memungkiri jika gelar Adipura Kencana ini bukan semata-mata karena dirinya, akan tetapi karena kerja keras seluruh elemen masyarakat Jombang, jajaran Forkopimda, para pimpinan dan anggota DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta seluruh lembaga pendidikan.

Ketatnya item yang dinilai, lanjut bupati mulai dari anggaran yang prolingkungan, penataan dan pengelolaan sampah, penataan dan pengelolaan taman, hingga partisipasi masyarakat. Karena kriteria penilaiannya sangat ketat dan tinggi. “Ini merupakan pencapaian dari Kabupaten Jombang yang luar biasa,” kata Bupati Nyono.

Bagi Bupati Nyono, Adipura Kencana hanyalah sebuah lambang. Dan yang terpenting adalah adanya perubahan pola hidup masyarakat menuju pola hidup yang bersih dan sehat. “Adipura kencana ini hanya simbol saja. Namun yang terpenting adalah perubahan pola hidup masyarakat menuju pola hidup bersih dan sehat, menuju masyarakat sejahtera,’’ jelasnya.

Pada saat yang sama, SMP Negeri 2 Jombang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri. Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Presiden RI untuk sekolah yang telah mengembangkan komponen dan menciptakan budaya dan perilaku peduli lingkungan kepada warga sekolah.

Penilaian dilakukan terkait kebijakan sekolah, kurikulum pembelajaran yang terintegrasi lingkungan hidup, kegiatan partisipatif dan sarana prasarana lingkungan. Dengan demikian saat ini Kabupaten Jombang telah memiliki 9 sekolah Adiwiyata Mandiri, dan 7 sekolah Adiwiyata Nasional.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed