oleh

Ledakkan Kapal Asing, Susi Tunggu Perintah Jokowi

Jombang – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti membeberkan rencana meledakkan 30 kapal asing berkekuatan hukum tetap (inkracht). Namun tindakan tegas itu hanya akan dilakukan setelah kementrian mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penenggelaman kapal pelaku ilegal fishing ini mengacu pasal 69 UU No 45/2009 sebagaimana dimaksud ayat 1 yang menjelaskan, penyidik dan pengawas perikanan dapat melakukan tidakan khusus berupa pembakaran atau penenggelaman kapal perikanan yang berbendera asing dengan bukti cukup.

Adapun penenggelaman juga mengacu pasal 76A UU No 45 tahun 2009. Dimana diterangkan benda, alat dan hasil dari tindak pidana perikanan dapat dirampas untuk negara atau dimusnakan setelah mendapat persetujuan pengadilan negeri.

“Kita nanti akan berunding dengan Pak Presiden bersama dengan instansi terkait agar bisa cepat menyelesaikan. Dan kapal ikan dari negara asing  yang sudah ditahan saat ini semua ada seratus sembilan unit,” ungkap Susi Pudjiastuti.

Presiden, kata Susi lagi, sangat komit tentang aturan kelautan Indonesia, jadi tidak benar pemerintah itu main-main atau tidak serius menjaga Kelautan. “Presiden, Joko Widodo tetap komitmen tegas untuk penenggelaman kapal dan melakukan penegakan hukum dilaut,” jabar Susi Minggu (13/08/2017) pada acara tebar benih lele di kolam bioflok di Ponpes Tebuireng Jombang.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed