oleh

HUT 72 RI, 104 Napi Jombang Terima Remisi, 5 Bebas Tahanan

Jombang – Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Jombang memberikan remisi kepada 104 narapidana dan 5 orang narapidana langsung dinyatakan bebas tahanan. Kamis (17/08/2017)

Para napi Lapas Kelas IIB Jombang, memakai baju putih saat menerima remisi pada peringatan HUT 72 RI (Taufiqur Rahcman/akurasinews.com)

“Kemenkumham menurunkan SK remisi umum sebanyak 104 narapidana, dan 5 orang napi langsung dinyatakan bebas tahanan. Dari jumlah ini dua belas napi mendapat remisi tiga bulan, sembilan belas napi mendapat remisi dua bulan, yang enam puluh delapan napi mendapat remisi satu bulan,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Lapas Kelas IIB Jombang, Affandi.

Sebetulnya, lanjut Kalapas Affandi, pihaknya mengusulkan remisi kepada 175 napi, namun oleh Kemenkumham mengabulkan permohonan 104 napi saja, “Harapan kami, dengan remisi ini, dapat mengurangi kapasitas lapas yang sudah overload (melebihi batas), disini ada enam ratus sepuluh penghuni, padahal kapasitanya seharusnya hanya dua ratus napi,” jelasnya.

Jumlah itu, lanjut Kalapas Affandi 390 adalah tahanan laki-laki, 11 orang tahanan wanita, “ Untuk narapidana pria ada dua ratus empat orang sedangkan narapidana wanita ada lima orang,” jabarnya.

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko bersama Forkompimda di Lapas Kelas II Jombang (Taufiqur Rahcman/akurasinews.com)

Kalapas juga mengatakan, jika kemarin sudah ada survey dari Kementrian mengenai besarnya jumlah tahanan, “Belum tahu juga, apakah tahun depan bisa realisasi, Bupati juga menyampaikan ke kita untuk membuat proposal, siapa tahu nanti akan di tindak lanjuti secepatnya,” pungkas Kalapas, Affandi.

Untuk diketahui, Pemberian SK remisi pada peringatan HUT RI ke-72 tersebut, dihadiri oleh Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko didampingi Wakil Bupati, Hj Mundjidah Wahab, Kepala Kepolisihan Resort Jombang, AKBP Agung Marlianto, serta para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jombang.

Reporter : Taufiqur Rahcman

Komentar

News Feed