oleh

Demo, Petani Tebu Jombang Minta Penghapusan PPN

Jombang – Petani tebu menggelar aksi unjuk rasa di depan Pabrik Gula Tjukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Dalam aksi itu sempat terjadi saling dorong antara petani tebu dengan Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kabupaten Jombang, Kamis (24/8/2017).

Petani menuntut supaya pabrik dan pemerintah membatasi dan menghapus pajak sepuluh persen yang dibebankan kepada petani tebu “Tuntutan kami, batasi gula rafinasi dan hilangkan PPN sepuluh persen karena kita sangat terpuruk dengan dibebankannya pajak,” ujar Muhajir Ali, salah satu Koordinator Aksi

Selain itu, demonstran juga meminta supaya Harga Eceran Tertinggi (HET) tidak diberlakukan, apabila aksi tersebut tidak ditanggapi, massa mengancam akan melakukan aksi di depan Istana Negara bersama dengan ribuan petani.

“HET jangan dibatasi, biarkan dilepas apa kata pasar, jika tuntutan ini tidak dipenuhi, kita akan berangkat ke Jakarta mengadukan persoalan kepada presiden serta akan mogok mengirim tebu sampai tuntutan dipenuhi,” ancam Muhajir Ali.

Sementara itu, pihak  PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X (persero) Pabrik Gula Tjokir Jombang hingga berita ini dirilis belum berhasil dikonfirmasi, terkait dengan aksi ratusan petani tebu tersebut.

Reporter : Taufiqur Rachman  

Komentar

News Feed