oleh

Direposisi, Puspita Dewi Gugat Ketua DPRD Jombang

Jombang – Reposisi anggota fraksi Partai Demokrat, Mulyani Puspita Dewi, anggota Fraksi Demokrat berbuntut panjang, mantan Ketua Komisi D DPRD Jombang tersebut menggugat, Joko Triono ketua DPRD karena sejak beberapa hari terakhir duduk sebagai anggota Komisi A.

“Keputusan itu (Reposisi,Red) menyalahi aturan, dua setengah tahun itu sudah selesai bulan Maret lalu, dan tidak boleh melebihi. Karena itu kami akan lakukan gugatan,” kata Solikhin Ruslie, kuasa hukum Mulyani Puspita Dewi. Senin (28/08/2017).

Menurut Solikin Ruslie, perubahan pimpinan dan alat kelengkapan DPRD dapat dilakukan apabila periode anggota DPRD sudah mencapai dua setengah tahun, hal itu sesuai dengan PP nomor 16 tahun 2010 tentang pedoman pembentukan tata tertib DPRD yang diturunkan pada tata tertib DPRD Kabupaten Jombang tahun 2014.

Dengan demikian, lanjut Solikhin Ruslie, ketua DPRD Jombang Joko Triono dinilai telah melanggar tata tertib sehingga akan digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) “Surat keputusan bernomor 172/21/DPRD/415.14/2017 itu telah menyalahi aturan yang berlaku,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Joko Triono mengaku siap menghadapi tuntutan itu, reposisi itu dilakukan sesuai dengan usulan Partai Demokrat, “Tidak masalah, dan saya siap, yang penting keputusan itu sudah sesuai, karena usulan itu dari partai melalui dari fraksi-fraksi,” ungkapnya

Gugatan itu, lanjut Joko Triono, salah satu resiko tugas sebagai ketua DPRD, “Saya tetap menjalankan tugas, resiko sebagai pimpinan ya seperti ini, biar keputusan PTUN yang menentukan,” tuturnya.

Seperti diberitakan akurasinews.com, menjelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Jombang 2018 mendatang, Fraksi Partai Demokrat (PD) melakukan reposisi terhadap para kader yang duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Tak tanggung-tanggung, partai berlambang mercy tersebut, mereposisi lima kadernya yang disebut hanya sebagai sebuah mekanisme lumrah demi mewujudkan visi misi partai. Lima kader partai yang direposisi itu diantaranya, Mulyani Puspita Dewi, Ketua Komisi D DPRD Jombang, digantikan oleh Muhammad Syarif Hidayatuloh yang sebelumnya adalah anggota Komisi C.

Tiga nama lain dari fraksi Partai Demokrat yaitu Novita Eki Wardani anggota Komisi B, Imam Hanafi sebagai Wakil Ketua Komisi C, dan Dian Ayunita Prastumi sebagai anggota Komisi C.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed