oleh

Tercemar Limbah,Warga Empat Desa Demo PG Lestari

Nganjuk-Puluhan warga dari empat desa di wilayah Kecamatan Patian Rowo, menggelar aksi unjuk rasa di halaman kantor Pabrik Gula (PG) Lestari Patianrowo, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Demonstran menuntut agar lingkungan mereka terbebas dari pencemaran akibat limbah pabrik, sehingga mengganggu aktivitas dan dikhawatirkan menimbulkan penyakit. Selasa (29/08/2017).

Puluhan warga dari Desa Rowomarto, Pakuncen, Ngrombot, dan Patianrowo, berorasi di PG Lestari dengan membawa poster berisi tuntutan. Poster berisi tulisan protes yang menyebut asap dari aktivitas pabrik membuat mata warga perih.

Massa menuntut agar pabrik dibawah naungan PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) ini melakukan pembenahan cerobong asap yang mengakibatkan polusi udara berupa langes (asap dari cerobong). Selain itu, warga menilai aliran limbah pabrik ke saluran air membuat ikan lele yang diternak warga mati. Bahkan, dampak dari pencemaran limbah pabrik juga berpengaruh terhadap tanaman.

“Kami menuntut pihak pabrik segera melakukan pembenahan. Apabila permintaan kami tidak direspon, kami akan kerahkan massa lebih banyak lagi. Pabrik setiap hari harus mengontrol limbah yang berdampak ke masyarakat,” kata Mohamad Wisnu Widiyatno, salah satu perwakilan massa.

Menanggapi tuntutan warga, General Manager (GM) PG Lestari, Iskandar, mengatakan pihaknya akan segera mengupayakan pembenahan, agar asap pabrik bisa tersaring sebelum keluar dari cerobong. “Kami akan berusaha maksimal, dengan menggelontor air ke saluran limbah. Selain itu, pabrik juga akan memberikan kompensasi berupa pembagian sembako kepada warga terdampak,” katanya

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed