oleh

Warga Demo Limbah, Kades Brambang Kabur

Jombang – Puluhan warga Dusun Pranggang, Desa Brambang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar aksi unjuk rasa dengan membawa tulisan berisi protes terhadap keberadaan limbah, yang dibuang ditepi jalan utama desa setempat. Selasa (12/09/2017)

Kepala Desa Brambang, Khisnullah, mengaku tidak tahu ada limbah pabrik di wilayahnya, dia mengatakan baru mengetahui setelah warga melakukan aksi demo

“Saya belum tahu mas, nunggu laporan dari Kepala Dusun Pranggang dulu ya,” katanya diantara puluhan warga.

Saat warga berorasi, Khisnullah terlihat hanya diam, saat ditanya oleh awak media tentang langkah kedepan untuk memberi solusi limbah tersebut. Orang nomor satu di Desa Brambang tersebut malah kabur ke belakang kantor Kecamatan Diwek.

“Nanti, nanti saja ya, saya masih menunggu keterangan dari berbagai pihak,” ungkap Kades, Khisnullah saat berdiskusi bersama Kapolsek Diwek, Camat Diwek dan masyarakat terdampak limbah.

Menurut Rowi (60), warga setempat mengatakan, bahwa warga sebetulnya sudah memberitahu ketua RT, RW dan Kepala Dusun Pranggang.  “Tidak mungkin kalau tidak tahu. Lokasinya satu desa kok. Ini juga jalan utama, Kepala Dusun juga sudah kita kasih tahu,” ucapnya kesal ditemui awak media.

Sekitar 30 menit menggelar aksi, para pejabat kecamatan menemui perwakilan warga, “ Limbah itu sudah dua minggu berada di tepi jalan, tadi semua warga mau kesini, tapi yang naik truk tidak diizinkan ke kantor kecamatan,” pungkas Rowi.

Pantauan akurasinews.com, tidak ditemukan ada perangkat desa dan perwakilan kepolisian di lokasi demo. Padahal, aksi tersebut sudah diketahui Kepala Dusun. Warga mengancam jika tidak segera diatasi permasalahan limbah tersebut akan menggelar aksi lebih besar.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed