oleh

Panglima TNI Siap Kirim Pasukan Garuda Ke Myanmar

Jombang Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo dalam kunjungannya berziarah ke Makam Pahlawan di Pondok Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang, menyampaikan siap mengirim Pasukan Garuda Ke Rohingya, Myanmar.

“Secara undang-undang, kita boleh mengirimkan pasukan, tetapi kita hanya menyiapkan saja, yang mengendalikan semua adalah PBB,” ujar Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo saat ditemui para awak media di Makam Presiden Ke 4, KH Abdurrahman Wahid di Ponpes Tebuireng, Jombang.

Jendral Gatot Nurmantyo mengatakan, sebelumnya pasukan Garusa juga pernah dikirim ke Sudan, Afrika Tengah, serta tempat lainnya pasukan. “Pasukan Garuda siap dikirim ke Rohingya Myanmar, hanya saja kita masih menunggu permintaan PBB,” jelasnya.

Dari TNI saat ini sudah mengirim bantuan kemanusiaan ke Myanmar, bersama-sama dengan Departemen Luar Negeri. Dan empat pesawat Hercules dengan mengangkut pasukan beserta dokter untuk melihat kondisi di Rohingya, Myanmar.

“Bantuan pertama sudah dikirim ke lokasi, untuk gelombang yang kedua nanti, pengiriman bantuan kesana sebanyak 20 ton diberangkatkan, dengan jumlah total bantuan keseluruhan 72 ton. Dan itu semua diberangkatkan dari Bandara Iskandar Muda Aceh,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed