oleh

Sesuai SK Menteri, Tarif Tol Jombang – Mojokerto, Rp 138 Ribu

Jombang – Tarif jalan tol Jombang – Mojokerto mulai diberlakukan. Ini menyusul telah turunnya Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 720/KPTS/M/2017 tentang Besaran Tarif Tol, Pada Jalan Tol sepanjang 40,5 KM tersebut.

“SK Pak Menteri sudah turun sejak Selasa kemarin, jadi sejak pukul nol-nol sudah diberlakukan,” ungkap Humas PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), Dela Rosita melalui pesan selulernya diterima akurasinews.com, Kamis (28/09/2017) siang ini.

Besaran tariff, lanjut Desa Rosita, tergantung golongan kendaraan serta gerbang untuk memilih arah tujuan pengendara. Dari sekian banyak jenis atau golongan kendaraan serta tujuan, tarif paling murah sebesar 6 ribu rupiah, sedangkan yang termahal mencapai 138 ribu rupiah.

“Semisal jika masuk dari gerbang Mojokerto Barat menuju Mojokerto, untuk kendaraan golongan I dikenakan tarif Rp 6 ribu. Sementara salah satu tarif termahal adalah masuk dari gerbang Bandar Kedungmulyo Jombang hingga Mojokerto untuk kendaraan golongan V dikenakan tarif sebesar Rp138 ribu,” papar Dela Rosita.

Dela Rosita menjelaskan,  sebagai salah satu proyek strategis Nasional dan bagian dari Tol Trans Jawa, ruas jalan tol ini diharapkan dapat menjadi jalur alternatif untuk mengurai kepadatan lalu lintas di beberapa titik.

“Seperti di bypass Mojokerto (simpang empat Mertex hingga simpang lima Kenanten) serta pertigaan Mengkreng atau simpang tiga Bangjuri yang merupakan tempat pertemuan jalur dari 3 wilayah (Jombang, Nganjuk, Kediri),” terang Dela Rosita.

Perlu diketahui sebelumnya, pengoperasian jalan tol Jombang – Mojokerto dilakukan secara bertahap. Seksi pertama sepanjang 14,7 km beroperasi pada Oktober 2014, menyusul seksi tiga sepanjang 5 KM yang beroperasi pada November 2016. Seksi 2 sepanjang 19,9 KM akan beroperasi pada 26 September 2017, dan seksi 4 sepanjang 0,9 KM akan beroperasi bersamaan dengan beroperasinya ruas Ngawi-Kertosono.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed