oleh

KPU Nganjuk Gelar Sosialisasi Pilbup Untuk Kalangan Parpol

Nganjuk- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nganjuk terus melakukan sosialisasi ke sejumlah kalangan. Jika sebelumnya KPU Nganjuk mengundang para Stakeholder dan media. Kali ini KPU mengundang kalangan partai politik (Parpol) untuk mensosialisasikan pesta demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Juni 2018 mendatang.

Pada acara yang dihadiri perwakilan pengurus partai, Panwaslih (panitia pengawas pemilihan) serta media dan di  gelar di ruang pertemuan Gedung KPU Nganjuk itu, pembahasan lebih fokus terhadap pemuthakiran daftar pemilih.

Divisi Perencanaan dan Data Muchiyin, S.Th.I, memaparkan secara rinci kepada para undangan dari kalangan partai politik mengenai mekanisme pemilihan. Mulai dari jika pemilih berhalangan karena sakit, atau karena berada di luar daerah pemilihan hingga tentang DPT yang sudah meninggal namun masih muncul. “Sekarang pemutakhiran data harus menggunakan E-KTP, itu wajib. Inilah perbedaan proses pemutakhiran pada pemilu sebelumnya,” katanya.

Terpisah, ketua KPU Nganjuk Agus Rahman mengutarakan, untuk saat ini KPU belum dapat memastikan berapa penambahan jumlah pemilih pemula untuk Pilbup 2018 mendatang, “Untuk saat ini belum bisa kita sampaikan secara rinci, karena memang penetapan DPT (data pemilih tetap) itu baru April tahun depan,” ujarnya kepada akurasinews.com, Jumat (29/09/2017) sore ini.

Namun begitu, lanjut Agus Rahman, pihaknya sudah melakukan serangkaian simulasi untuk mengetahui potensi penambahan DPT Nganjuk untuk Pilbup mendatang, “Perkiraan penambahan pemilih pemula ada delapan persen, tapi itu belum dikurangi jumlah DPT yang sudah meninggal dunia, itu sesuai hasil simulasi yang pernah kami lakukan belum lama ini,”paparnya.

Dari simulasi itu, kata Agus Rahman lagi, DPT pada Pilbup Juni 2018 mendatang diperkirakan tidak akan lebih dari 900 ribu, “Kalau mengacu data Pilpres (Pemilihan Presiden) pada 2014 lalu, jumlah DPT 874.919, jika ada penambahan delapan persen, namun masih harus dikurangi DPT yang meninggal dunia sesuai dengan proyeksi daerah lain, jumlah DPT Nganjuk tidak akan lebih dari Sembilan ratus ribu, untuk pastinya nanti dibulan April 2018 mendatang,” urainya.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed