oleh

Ratusan Polisi Amankan Ritual Sah-Sahan 2615 Calon Warga PSHT

Nganjuk- Kepolisian Resort Nganjuk mengerahkan 465 personel untuk pengamanan ritual sah-sahan 2615 calon warga Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari. (28-29/09/2017) di Gedung Olahraga (GOR) Bung Karno Kelurahan Begadung Kota Nganjuk.

Agar proses sah-sahan berjalan dengan lancar, jalan utama menuju GOR Bung Karno sengaja ditutup oleh kepolisian, selain itu terlihat sejumlah anggota berbagai satuan dan fungsi siaga di sejumlah titik strategis untuk menekan agar tidak sampai terjadi keributan.

“Ini sebagai langkah antisipasi, jangan sampai acara sakral ini terganggu dengan keributan,” ujar Kepala Kepolisian Resort Nganjuk Ajun Komisaris Besar Polisi Joko Sadono SIK ditemui akurasinews.com di depan GOR Begadung. Jumat (29/09/2017) dini hari tadi.

Sah sahan merupakan ritual rutin PSHT di setiap bulan Muharam atau Suro. Acara ini biasanya juga menjadi ajang silaturahim. Tidak heran anggota perguruan silat yang hadir bisa mencapai ribuan selain calon warga yang memang mengikuti ritual.

Iring iringan pesilat diluar peserta sah sahan berpotensi menimbulkan masalah. Selain kecelakaan juga rawan konflik dengan anggota padepokan lain. Sebab konvoi pesilat ini biasanya diikuti show of force yang mengarah pada sikap arogan.

“Makanya, anggota kita sebar diberbagai titik rawan, mulai wilayah dalam kota, ring road hingga jalur utama dari arah luar kota,” papar AKBP Joko Sadono.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed