oleh

Prona 2017, Pemerintah Berikan 23 Ribu Sertifikat Gratis di Jombang

Jombang – Tahun ini, Kementerian Agraria, Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Negara (BPN) Pemerintah Kabupaten Jombang, sudah membagikan 13 ribu sertifikat  tanah dalam Program Nasional Agraria (Prona) dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2017, dari 23 ribu sertifikat di seluruh wilayah Kecamatan di Kabupaten Jombang.

Bertemakan ‘Pesta Rakyat Dalam Rangka Sedekah Bumi dan Pembagian Sertifikat Prona 2017’ di Desa Sumberteguh, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, dihadiri oleh Kepala ATR/BPN Kabupaten Jombang sekaligus Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko beserta seluruh Jajaran Forkopimda, Kapolres, Dandem dan Jajaran Kecamatan serta warga setempat.

“Target sertifikat tahun ini Kabupaten Jombang mencapai 23 ribu sertifikat, sebelumnya tahun kemarin hanya dua ribu dan ini malah sepuluh kali lipat lebih. Serta saat ini baru bisa dibagikan 13 ribu sertifikat Prona di Kabupaten Jombang dan 10 ribu sertifikat lainnya akan dibagikan pada bulan Desember mendatang,” tutur Kepala ATR/BPN Kabupaten Jombang, H Ribut Hari Cahyono saat ditemui akurasinews, Kamis (05/10/2017).

Tujuan Prona 2017 dan PTSL, kata Ribut Hari Cahyono, untuk mengurangi sengketa tanah. Dan masyarakat juga diuntungkan karena status tanahnya jelas “Keseriusan Presiden Jokowi beserta Kementrian Agraria, untuk program ini harus selesai tahun ini, dengan mengurangi dampak sengketa tanah di Indonesia. Dan dari sertifikat tersebut tidak ada dananya, tapi ada MoU dari Menteri Dalam Negeri, dan Kepala ATR/BPN beserta Menteri Kepala Desa yaitu untuk dana yang di masyarakat harus bermaterai, biaya patok dan biaya operasional. Untuk wilayah Jawa dan Bali itu ada 150 ribu,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat serta Kementerian dengan memberikan sertifikat Prona secara gratis. “Kepala Daerah dan Pemerintah Kabupaten Jombang, sangat senang dan bersyukur kepada Allah SWT, juga berterima kasih kepada Pemerintah serta kepada Bapak Presiden Indonesia, Joko Widodo beserta Kementrian Agraria, Tata Ruang, bahwa Jombang sudah mendapat sertifikat gratis dan semoga tahun depan bisa mendapatkan lagi,” ujar Bupati Jombang kepada warga setempat.

Nantinya, lanjut Bupati Nyono di bulan Desember mendatang tahap dua sebanyak 10 sertifikat semoga lekas terealisasikan, dan nantinya dibulan mendatang rencananya akan dibagikan oleh Bapak Presiden Indonesia secara langsung di Kabupaten jombang.

“Terima kasih juga, secara pribadi saya sampaikan kepada Pak Ribut Hari selaku Bapak Agraria dan Tata Ruang yang baru, karena beliau sangat komit kepada masyarakat dan saat ini  terbukti sudah semua, hanya pembagiannya belum bisa semua, nanti ada petunjuk dari Pemerintah Pusat bahwa pada bulan Desember mendatang rencananya, Pak Presiden akan datang memberikan sertifikat secara gratis kepada masyarakat Jombang,” jelasnya.

Di tahun mendatang, Bupati berharap Jombang mendapat lebih banyak ,lagi program prona, karena di Jombang masih ada 50 ribu petak tanah yang belum memiliki sertifikat “Semoga tahun depan Program Nasional Agraria (Prona) dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bisa terpenuhi kuota, karena kurang 50 ribu petak tanah yang belum bersertifikat,” harap Nyono Suharli

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed