oleh

Ribuan Wisatawan Berebut Tumpeng Siraman Sedudo

Nganjuk- Diakhir rangkaian acara siraman sedudo, ribuan wisatawan atau pengunjung membanjiri tempat wisata andalan Kabupaten Nganjuk yang berada di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan. Para wisatawan berebut tumpeng berkah ritual. Kamis (05/09/2017)

Tumpeng setinggi satu setengah meter ini, berisi aneka hasil bumi berupa sayur mayur, buah-buahan dan umbi-umbian, itu sebagai wujud rasa syukur masyarakat Kecamatan Sawahan atas limpahan berkah Alloh Tuhan Yang Maha Esa

“Jumlahnya Sembilan, satu desa mengirim satu tumpeng, selain bentuk syukur dan berharap dijauhkan dari marabahaya, ritual tahunan ini digelar sebagai bentuk pelestarian budaya,” ujar Imam Widodo kepala Desa Ngliman Kecamatan Sawahan saat berbincang dengan akurasinews.com.

Selain itu, puluhan tumpeng berukuran kecil juga disediakan untuk peringatan ritual di tahun baru Hijriah, yang bertepatan dengan bulan Suro dalam penanggalan Jawa tersebut, “Kenapa tumpeng itu berisi hasil bumi, itu karena mayoritas peduduk wilayah Kecamatan Sawahan itu adalah petani,” papar Imam Widodo.

Pantauan akurasinews.com di lokasi, sebelum dijadikan rebutan, sembilan tumpeng besar terlebih dahulu didoakan oleh tokoh masyarakat setempat.Prosesi doa itu sekaligus sebagai penutup acara siraman sedudo.

“Saya malah ndak tahu kalau ada acara siraman sedudo ini, tahunya sudah berada di sini, ya senang sekali, ramai dan rangkaian acaranya menarik, apalagi ini ada rebutan tumpeng, katanya orang-orang ada berkahnya juga,” kata Linda salah satu pengunjung asal Surabaya.

Linda yang keluarganya berada di wilayah Kecamatan Berbek, berharap apabila acara serupa digelar,. Pemerintah lebih dulu mensosialisasikan, agar masyarakat yang berada di luar kota mengetahui, “ Iya acaranya bagus banget, untung saja ini tadi pas ke Nganjuk, baru sekali ini melihat siraman sedudo, coba kalau setiap tahun diumumkan di media, pasti saya pulang,” kata Linda dengan tersenyum.

Bersama empat saudaranya, Linda mengatakan jika selalu menyempatkan diri ke Sedudo maupun Roro Kuning ketika sedang liburan ke Nganjuk, “Sebetulnya ini tadi tidak libur, izin cuti keluarga ada yang punya acara hajatan, acara hajatan sudah selesai terus kesini (Sedudo,Red) habis ini langsung ke Surabaya, ya semoga kedepan acara semacam ini lebih sering digelar,” harap Linda.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed