oleh

Kreatifitas Bisnis Online UMK

Kediri – Minimnya penerapan teknik pemasaran melalui online oleh pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) di Indonesia, mendorong PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Kediri untuk mengadakan pelatihan bertemakan “Membangun Kreatifitas Penjualan Melalui Online Di Era Digital dan Pasar Bebas” kepada 100 nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM), pada Sabtu (14/10/2017).

Susila, Pemimpin Cabang ULaMM Kediri menyampaikan pesannya Dari Direktur Bisnis 2, Bambang Siswaji bahwa “Menurut penelitian Google Indonesia pada akhir 2016, pelaku usaha UMK yang menerapkan teknik pemasaran online mendapat keuntungan 80% lebih tinggi dibandingkan teknik konvensional. Kelebihan dan kecanggihan teknologi saat ini sangat perlu dimanfaatkan agar pertumbuhan usaha UMK dapat lebih optimal”. Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Viva, Kediri  menghadirkan narasumber ahli dibidang pemasaran online, yaitu Riska Nurtantyo Sarbini, ST., MT., Dosen sekaligus Praktisi Web & Mobile Aplication dari Universitas Islam Kadiri (UNISKA).

PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) secara berkelanjutan dan berkala memberikan pendampingan dan pelatihan usaha kepada nasabah ULaMM guna mendorong kemajuan usaha yang dijalankan. Pelatihan saat ini diikuti oleh nasabah dari beragam latar belakang usaha dari wilayah Cabang Kediri, yaitu ULaMM Kediri Gringging, ULaMM Gurah, ULaMM Kediri Kota, ULaMM Kediri Mojo, ULaMM Kediri Pare, ULaMM Wates, ULaMM Sambi, ULaMM Nglegok.

“PNM berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan nasabah kami dalam menghadapi era digital. Sistem pembayaran terpusat atau payment center dengan menggunakan mobile banking pun kami ajarkan kepada nasabah, hal ini akan memberikan pengetahuan dan pengalaman baru dalam bertansaksi. UMK Indonesia dituntut untuk lebih kreatif agar dapat bersaing dengan UMK dari negara-negara lain yang pemasarannya sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia”, tambah Bambang Siswaji.

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaga pembiayaan lainnya.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.

Saat ini PNM memiliki 1.865 kantor layanan, yang terdiri dari 63 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.171 kantor cabang Mekaar.

 

Informasi lebih lanjut:

YR Wijayandaru

Kepala Bagian Komunikasi Perusahaan

PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

yrwijayandaru0329@pnm.co.id

www.pnm.co.id

Komentar

News Feed