oleh

Operasi Gabungan, Derek & Tilang Kendaraan Parkir di Jalur KTL 

Jombang – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten dan Satlantas Polres Jombang menggelar operasi gabungan penertiban jalur Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) kepada para pedagang liar maupun parkir sembarangan di tiga tempat sepanjang jalan protokol Kabupaten Jombang, Selasa (17/10/2017).

Operasi gabungan dimulai dari Pos Satlantas Utara Ringin Contong pada pukul 10.00 WIB, menuju ke tiga titik KTL yakni di Jalan Wahid Hasyim, Jalan A Yani, dan di Jalan Sudirman. Dari lokasi pertama, petugas tidak menemukan pelanggaran, kemudian dilanjutkan di Depan Pabrik Gula Jombang Baru, menemukan pelanggaran pedagang liar dan di Jalan Sudirman juga ada pelanggar parkir liar.

“Penertibpan kita lakukan setelah memberi teguran baik lesan maupun tertulis kepada para pedagang. Kemudian di titik lokasi kedua di Jalan Sudirman terdapat delapan pelanggaran, karena tidak ada dokumen atau surat-surat kendaraan, dari keseluruhan lima ditilang dilokasi dan 3 kendaraan diamankan di Satlantas Polres Jombang,” ujar Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kabupaten Jombang, Ali Arifin kepada tim akurasinews dilokasi.

Operasi gabungan dilanjutkan di jalan Wahid Hasyim, dan dilokasi yang berada di ruas jalan depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tersebut menemukan pelanggar parkir liar.“Ada 3 yang melangar parkir, yakni satu mobil ambulan Desa Kabuh, Satu lagi mobil pick up yang sudah diderek dan satu mobil sedan diamankan juga di Satlantas Polres Jombang,” imbuh Ali Arifin.

Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP juga mengungkapkan, bahwa dari sejumlah pelanggaran tersebut, untuk para pedagang liar akan diproses Satpol PP dan untuk pelanggar kendaraan langsung ke Satlantas Polres Jombang.

“Dari pelanggar liar yang berjualan dipinggir jalan, barang dagangannya nanti menjadi urusan Satpol PP untuk diberikan berita acara serta dilakukan tindak pidana ringan, dan untuk kendaraan yang diamankan di Satlantas tentunya langsung berurusan dengan Satlantas Polres Jombang,” ungkapnya.

Operasi gabungan tersebut, mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 9, tentang ketertiban umum dan Masyarakat, dan Undang-undang lalu lintas. “Kedepan, operasi akan rutin digelar dan rencana akan dibantu oleh Polisi Militer (PM) demi kenyamanan kota santri,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed