oleh

Ibu-ibu Doakan HM Suryo Alam Jadi Bupati

Nganjuk- Ngopi Bareng Bolo Suryo, konsep itu diusung oleh relawan HM Suryo Alam untuk bertemu langsung dengan masyarakat, berbagai element masyarakat dari berbagai macam profesi berkumpul dengan suasana santai.

Keluh kesah tentang pelayanan pemerintahanpun seolah menjadi bahan yang tak pernah habis untuk dibahas. Mulai dari dunia pendidikan, sarana dan prasana jalan terutama di wilayah pelosok yang seolah tak tersentuh menjadi materi pembicaraan sembari menikmati secangkir kopi lengkap dengan umbi-umbian rebus hasil bumi (polo pendem-jawa) dicampur gorengan.

“Bapakkan sudah melihat bagaimana kondisi jalan yang bapak lalui saat menuju kemari, apa yang akan bapak lakukan ketika benar-benar terpilih menjadi bupati nanti,” ucap Eko warga Desa Sugihan Kecamatan Sawahan saat ngopi bareng dengan Bolo Suryo.

Kita disini pak, lanjut Eko tidak menginginkan janji-janji dari para calon pemimpin kami nanti. Kami hanya ingin sebuah bukti itu saja, “Dan kami bukanlah dari kalangan orang terpelajar, berpendidikan tinggi, namun kami ingin adanya perubahan,” ungkapnya.

Suasana malam yang dingin di wilayah Kecamatan Sawahan menambah semakin nikmat, kopi yang dihidangkan warga, waktu seakan tidak terasa, warga begitu antusias menyampaikan uneg-uneg yang dirasakan selama ini.

“Kulo bade matur Pak Suryo Alam, anak kulo niku sekolah, terose angsal bantuan arto, tapi kok sampek sakniki mboten ketampi niku dos pundi, (Anak saya itu sekolah Pak Suryo Alam , katanya dapat bantuan uang tunai, tapi sampai sekarang tidak kunjung menerima),” keluh Sarmi seorang ibu yang ikut ngopi bareng Bolo Suryo.

“Dalem meniko, rakyat alit, mbok dipun perhatekaken. Menawi leres wonten program pemerintah damel lare-lare sekolah, dipun caosaken, umpami bade ngurus ngoten niku dos pundi carane, kersane dalem meniko saget angsal. (Saya itu rakyat kecil, mohon diperhatikan. Kalau memang ada program pemerintah untuk anak-anak sekolah kasihkan, seumpama harus bertanya kepada siapa dan bagaimana caranya agar bantuan itu bisa diterima).” Tanya Sarmi.

Dan masih banyak pertanyaan maupun masukan dari puluhan masyarakat yang ngopi bareng bersama bolo Suryo. Menanggapi beragam pertanyaan itu, HM Suryo Alam dengan senyum khasnya menjabarkan satu demi pertanyaan warga.

“Mengenai sarana dan prasana, infrastruktur jalan semua itu sudah masuk dalam program kita, pemerintah itu sudah menganggarkan, dengan kata lain dana itu ada, tinggal bagaimana cara membuat skala prioritas, jadi karena panjenengan semua tidak suka pengobral janji,dalem tidak akan berjanji, tetapi akan membuktikannya,” kata HM Suryo Alam.

Menanggapi keluhan ibu-ibu tentang bantuan langsung tunai melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP). HM Suryo Alam menjelaskan secara gamblang mengenai mekanisme pencairan KIP. Dan meminta apabila memang benar masih ada yang tidak menerima meskipun sudah memiliki kartu KIP akan diakomodir oleh relawan Bolo Suryo, “Di beberapa desa wilayah Kecamatan Sawahan ini relawan Bolo Suryo sudah pernah mengakomodir, dan ini nyata betul-betul bisa diterima, kalau di desa sini ada, kita akan lakukan hal yang sama. Jadi tidak usah kuatir, ini bukan janji tapi langkah nyata,” papar HM Suryo Alam.

Mendengar pemaparan kandidat Bakal Calon Bupati yang juga Anggota Komisi X DPR-RI ini ibu-ibu antusias, bahkan begitu senangnya Sarmi bersama dengan ibu-ibu mengajak seluruh warga yang ngopi bareng bersama bolo Suryo untuk berdoa. Mendoakan HM Suryo Alam menjadi bupati Nganjuk.

“Kita hanya bisa berdoa, semoga bapak Suryo Alam nanti betul-betul menjadi bupati Nganjuk. yang tidak hanya berjanji, tetapi betul-betul membuktikan ucapanya,” ucap Sarmi.

Ngopi bareng dengan bolo suryo ini akan terus digelar oleh relawan Bolo Suryo di berbagai wilayah dengan jadwal dan waktu yang selalu berubah ubah, hal ini dilakukan sebagai salah satu sarana untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, sekaligus mengetahui permasalahan dan mencarikan solusinya.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed