oleh

Gus Ipul Apresiasi Kemandirian ISHARI

Jombang – Musyawarah Nasional (Munas) Pertama Ikatan Seni Hadrah Indonesia (ISHARI) yang diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten Jombang mendapat apresiasi Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Syaifullah Yusuf.

“Ya ini kan Munas pertama. Memang ISHARI kan di bentuk Pengurus Wilayah masing-masing, dan dominasinya masih di Jawa Timur. Diharapkan, setelah ada kepengurusan di tingkat pusat, bisa lebih menyebar keanggotannya,” ujar Gus Ipul kepada awak media.

Wakil Gubernur Jatim, mengungkapkan bahwa support kegiatan ISHARI kali ini sebagian masih bertumpu pada NU “Sebagian besar kegiatan ISHARI di biayai sendiri, lebih bagus mandiri, kalau tergantung pemerintah ketika tidak ada dana, nanti mandeg. Dan kenapa ISHARI ada itu kan karena mandiri, kekuatannya pada kemandiriannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Hj. Mundjidah Wahab selaku putri pendiri ISHARI juga menerangkan sejarah berubahnya posisi ISHARI saat ini sudah masuk di tubuh Nahdatul Ulama dan  ISHARI sudah masuk Badan Otonom (Banom) NU ketika Muktamar NU ke-33 di Jombang.

“Kalau dulu ISHARI sebagai kesenian atau budaya ulama, sekarang sudah berorganisasi yang sudah jelas strukturnya,” tutur Hj Munjidah Wahab.

Bu Mun sapaan akrab Hj Munjidah Wahab berharap ISHARI diikuti oleh generasi muda di Jombang, selain itu sebagai sarana kesenian bernuansa spiritual, ISHARI diharapkan menjadi penangkal kenakalan remaja.

“Anak-anak muda perlu kita gerakkan untuk mempelajari kesenian. Selain untuk bersholawat kepada Rasullulloh SAW, juga untuk mengurangi waktu terbuang bagi generasi muda, jadi sehingga kenakalan remaja bisa di kurangi,” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri ribuan peserta dan sejumlah pejabat di lingkungan Forkopimpov Jatim dan Forkopimda Jombang

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed