oleh

Tes Tulis, 13 Calon Anggota PPK Jombang Mundur

Jombang – Sebanyak 13 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) langsung mengundurkan diri dalam tes tulis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang di Gedung Panti Sosial Bina Remaja (PSBR)  Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Kelurahan Sengon, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

“Belas peserta yang mengikuti tes calon PPK mengundurkan diri. Pengunduran diri itu terbukti dari ketidak hadiran mereka untuk mengikuti tes tulis di Gedung PSBR Jombang, selain itu para peserta itu juga tidak memberikan alasan jelas,” ujar Komisioner KPU Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Mochammad Fatoni saat ditemui akurasinews, Senin (30/10/2017).

Padahal dari 441 pendaftar yang lolos administrasi, hanya 428 yang seharusnya mengikuti tes tulis. “Kalau tidak ikut tes tulis bagaimana kita bisa menilai peserta ini layak atau tidak jadi PPK,” imbuhnya.

Fatoni menambahkan, pendaftar calon anggota PPK kali ini terbanyak diikuti oleh Kecamatan Jombang dengan 49 peserta sedangkan Kecamatan Gudo memiliki pendaftar paling sedikit yakni 7 orang. “Persyaratan calon PPK yaitu belum pernah menjabat dua periode. Untuk tahun ini sekitar sembilan puluh persen wajah baru. Untuk yang lolos tes tulis akan mengikuti tes wawancara minggu depan,” tegasnya

Sementara itu, Salah satu peserta PPK dari Kecamatan Jogoroto, Mai (23) seorang mahasiswa mengaku sempat kesulitan saat mengisi 100 soal pilihan ganda. “Kesulitannya ya lumayan mas, karena hampir semua pertanyaannya tentang kegiatan sejarah pemilu dari awal sampai sekarang dan ada juga tentang undang-undang pemilu dan pengetahuan tentang pemilihan maupun tugas pokok fungsi serta wewenang PPK. Semoga bisa lolos,” harapnya.

Untuk diketahui, tadi siang Senin 30 Oktober 2017 ditempat yang sama juga akan dilanjutkan seleksi tulis calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) seperti yang tertulis di papan pengumuman KPU Jombang nomor /PL.30/3517/KPU-Kab/X/2017.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed