oleh

DR Iqbal Alamsjah : Pariwisata Adalah ‘Mesin’ Penggerak Ekonomi

Nganjuk- Pariwisata adalah bidang paling mudah menciptakan lapangan kerja, mengentaskan kemiskinan dan menambah kesejahteraan masyarakat. Karena itulah Kementerian Pariwisata menggelar Pelatihan Dasar SDM Kepariwistaan di Nirwana Hotel Nganjuk kepada 200 warga pelaku wisata Bumi Anjuk Ladang.

“Kegiatan ini bertujuan menciptakan kader-kader pariwisata untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan pariwisata di daerah masing-masing,” ujar Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, DR. M. Iqbal Alamsjah, Ak, M.A. Kamis (02/11/2017) kepada akurasinews.com

Pariwisata, lanjut M Iqbal, merupakan salah satu mesin penggerak ekonomi atau penghasil devisa bagi pembangunan ekonomi di suatu negara. Namun pada kenyataannya, pariwisata memiliki spektrum fundamental pembangunan yang lebih luas bagi suatu negara.

“Diantaranya sebagai alat persatuan dan kesatuan bangsa, penghapusan kemiskinan, pembangunan berkesinambungan, dan peningkatan ekonomi dan industri,” paparnya.

Peran SDM, kata M Iqbal lagi dalam pengembangan pariwisata menjadi faktor yang paling penting karena SDM  yang menentukan kenyamanan dan kepuasan para wisatawan. “Jadi, bisa dipahami bahwa masalah SDM ini merupakan tantangan yang cukup berat karena SDM sangat menentukan segala sesuatu yang berhubungan dengan pariwisata,” urainya.

Pantauan akurasinews.com, Kegiatan yang dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi X, H.M. Suryo Alam, AK., MBA, Plt. Bupati Nganjuk KH. Abdul Wakhid Badrus Mpdi, serta Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nganjuk, Gondo Hariono berjalan lancar.

Plt Bupati Nganjuk, KH Abdul Wahid Badrus yang membuka langsung pelatihan dasar kepariwisataan turut mendorong percepatan kualitas SDM pariwisata untuk mencetak tenaga profesional demi mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutan, Gus Wachid sapaan akrabnya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kementrian Pariwisata yang sudah menyelenggarakan pelatihan dasar SDM kepariwisataan di Kabupaten Nganjuk.

“Semoga dengan pelatihan ini dapat menambah pengetahuan masyarakat dalam bidang kepariwisataan dan bisa memberikan informasi yang baik kepada wisatawan. Sehingga, berdampak terhadap meningkatnya perekonomian di Kabupaten Nganjuk,” katanya

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed