oleh

Pejabat OPD Ditahan KPK, Gus Wachid Segera Angkat Plt

Nganjuk- OTT (Operasi Tangkap Tangan) Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi  terhadap Bupati Nganjuk, Drs H. Taufiqurrahman bersama dengan empat pejabat di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Nganjuk disikapi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk KH Abdul Wachid Badrus.

Gus Wachid, sapaan Plt Bupati Nganjuk tersebut mengatakan, dalam waktu dekat segera mengisi kekosongan kursi jabatan yang ada, lantaran para pejabat terlibat ditahan oleh KPK. Hal ini sangat penting dilakukan agar roda pemerintahan berjalan normal.

“Kekosongan jabatan di sejumlah OPD ini harus segera disikapi, karena ini menyangkut penyelesaian administrasi dan  penggunaan dana. Untuk itu secepatnya segera diisi Plt (pelaksana tugas),” ujarnya. Kamis (02/11/2017) kepada awak media.

Untuk saat ini, lanjut Gus Wachid, Pemerintah Kabupaten Nganjuk lebih fokus mengembalikan kepercayaan masyarakat pasca masuknya KPK ke pemerintah Kabupaten Nganjuk yang membuat berbagai pihak merasa kurang nyaman.

“Yang paling utama adalah mengembalikan kepercayaan masyarakat. Pasca masuknya KPK ke Pemkab Nganjuk, suasana menjadi kurang nyaman. Sehingga, hal ini perlu segera dibenahi agar stake holder maupun pihak-pihak terkait bisa segera kembali bekerja sesuai tugas dan fungsi masing-masing,” papar Gus Wachid.

Mengenai pencalonanya sebagai kandidat bakal calon bupati pada Pilkada 2018 mendatang, Gus Wachid mengaku tetap optimis. Namun, meski saat ini posisinya sebagai bupati, sebisa mungkin berlaku netral dan tidak memihak kepada siapapun, terlebih memanfaatkan jabatan demi keuntungan pribadi.

“Sebagai bupati harus meletakkan diri sebagai pimpinan yang netral. Saya berusaha untuk tidak memihak atau memanfaatkan jabatan untuk keuntungan dalam Pilkada. Saya akan berusaha membangun suasana politik yang baik, sehingga masyarakat nanti merasa nyaman ketika memilih calon pemimpin,” tutur Gus Wachid.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan lima orang tersangka dalam OTT kasus jual beli jabatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Para tersangka yang kini tengah ditahan yaitu, Bupati Taufiqurrahman, Kepala Dinas Pendidikan Nganjuk Ibnu Hajar, Kepala Dinas Kantor Lingkungan Hidup Harjanto, Kepala Bagian Umum RSUD Nganjuk Mokhammad Bisri, dan Kepala  SMPN 3 Ngronggot, Suwandi.

Beberapa hari terakhir komisi anti rasuah gencar melakukan penggeledahan di beberapa OPD Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Rumah pribadi sejumlah pejabat lingkup Pemda Nganjuk pun tak luput dari penggeledahan.

Untuk mendalami bukti, petugas KPK sempat menyambangi rumah pribadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Nganjuk Sudrajat, di kawasan Kecamatan Baron. Rumah Plt Sekda Agoes Subagyo. Dan rumah para pejabat Dinas Pendidikan.

Beredar Kabar, sebelum ditahan karena terjaring OTT KPK, Bupati Taufiqur Rahman dikabarkan hendak melakukan mutasi besar-besaran di lingkup Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Namun, rencana itu gagal karena lebih dulu ditangkap KPK bersama empat tersangka lain.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed