oleh

Dilantik, 63 Anggota Panwascam Wajib Jaga Kode Etik 

Jombang – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jombang menggelar pelantikan sekaligus  pengambilan sumpah,Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) bertempat di Gedung Bung Tomo, Pemerintah Kabupaten Jombang, Senin (06/11/2017) malam.

“Jombang memang luar biasa, walaupun dengan start kurang berhasil, namum finish pelantikannya tidak tertinggal dengan Kabupaten/Kota lain,” ujar Komisioner Bawaslu Jawa Timur, Aang Khunaifi saat memberikan sambutan diacara tersebut.

Acara pelantikan 63 anggota Panwascam dari 21  Kecamatan tersebut dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Jawa Timur, Ketua KPU Jombang, Bupati serta Wakil Bupati Kabupaten Jombang, Ketua DPRD Jombang, Kapolres Jombang, Dandim, dan Kajari Jombang.

Setelah dilantik, lanjut Aang Khunafi, para anggota panwascam, wajib menjaga kode etik penyelenggaraan pemilu, oleh karenanya kedepan, harus lebih berhati-hati dalam menjaga privasi, baik itu disuatu tempat maupun perkataan, walaupun di media sosial sekalipun harus sangat memperhatikan etika.

“Sebagai penyelenggara pemilu, kita itu terikat dengan namanya samudra etika, jadi jika hukum itu kapalnya, kemudian pulau itu tujuan, kita adalah lautan. Maka, lautan itulah etikanya, hukum tidak akan mampu menuju kepulau keadilan, jika lautan etika itu tidak dilalui. Seperti yang terkandung di UUD 45, asas, umum, langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil, dengan itulah tolak ukur bagaimana pemilu bisa dikatakan berintegeritas dan berkualitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Jombang, Nyono Suharli Wihandoko mengucapkan selamat kepada 63 anggota Panwascam dari 21 Kecamatan, yang terbagi menjadi 3 anggota untuk setiap kecamatan, dengan anggota laki-laki 48 orang dan perempuan 15 orang.

“Kepada Panwaslu Kecamatan yang sudah dilantik, Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang dan rekan-rekan lainnya Forkopimda mengucapkan selamat, kepada bapak ibu yang telah disumpah dilantik, sangatlah berat dan tanggung jawabnya dunia akhirat. Kemudian di Pesta demokkrasi ini semua warga mempunyai hak untuk mencalonkan. Dan Insya Allah semoga Pemilihan Umum di Kabupaten Jombang selalu damai dan tentram rakyatnya,” kata Bupati Nyono.

Terpisah, Ketua Panwaslu Kabupaten Jombang, Nur Khasanuri mengharapkan kepada para anggota Panwascam yang sudah dilantik untuk bekerja sama dengan sepenuh hati mengawal demokrasi dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah beliau-beliau ini (anggota Panwascam,Red) adalah Putra-putri terbaik di Kabupaten Jombang, untuk mengisi dan mengawal demokrasi di Kabupaten Jombang. Saya yakin para anggota Panwascam se Kabupaten Jombang mampu mengawal ataupun menjaga pesta demokrasi mendatang hingga sukses dan berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed