oleh

15 Anggota DPRD ‘Boikot’ Papur R-APBD Jombang

Jombang – Suhu panas politik Pilkada 2018 terasa dalam suasana sidang paripurna (papur) DPRD Kabupaten Jombang terkait Nota Penjelasan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) tahun 2018.

Terlihat 15 anggota abstain dari 49 DPRD anggota, Saat Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko menyampaikan Nota Penjelasan R-APBD 2018 di Gedung DPRD Kabupaten Jombang. “Dari 49 anggota DPRD Jombang, hanya 34 anggota yang hadir, 15 anggota tidak menandatangi daftar hadir sore ini,” ujar Sekretaris DPRD Jombang, Pinto Widiarto ditemui akurasinews.com.

Meski ada belasan anggota abstain, namun karena masih kuorum papur tetap dilanjutkan “Ya Karena masih Kuorum, masih dua pertiga yang hadir, minimal 33 tadikan 34 yang hadir. Ada yang izin karena kepentingan,”ungkap Ketua DPRD Kabupaten Jombang Joko Triono.

Kejadian seperti ini, kata Joko Triono baru sekali ini “Saya tadi juga kaget, di berita acara kok cuman 34 yang hadir, tapi itu tidak masalah, karena semua punya hak, boleh-boleh saja silahkan. Yang penting tidak melanggar tata tertib,” jelasnya.

Joko Triono menyampaikan, Sesuai dengan tata tertib DPRD, jika anggota tidak hadir berturut-turut akan dikenakan sanksi “Mulai sanksi tidak diperbolehkan ikut kunjungan sampai sanksi terakhir kalau memang ada kesengajaan ya kita tindak pemecatan,” tandasnya.

Untuk diketahui, sesuai data Sekwan DPRD anggota yang tidak hadir dalam papur diantaranya empat anggota Fraksi PPP, Dua anggota Fraksi Gerindra, Lima anggota Fraksi Parti Demokrat, dua anggota Hanura dan dua anggota DPRD dari Fraksi lain.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed