oleh

Ini Hasil Operasi Zebra 2017 di Kota Santri

Jombang – Pelaksanaan Operasi Zebra 2017 yang telah digelar selama empat belas hari di Kota Santri menunjukkan angka peningkatan pelanggaran lalulintas dibanding tahun sebelumnya. Dengan demikian kesadaran masyarakat dalam berlalulintas masih sangat kurang. Terbukti ribuan pelanggar lalulintas ditilang petugas Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resort Jombang.

“Perolehan tilang selama 13 hari kemarin mencapai 6.104 pelanggar,” ungkap Kepala Unit Patroli, Inspektur Polisi Satu Radyati Putri P, SIK kepada akurasinews, Rabu (15/11/2017).

Sejak operasi zebra 2017 digelar sejak awal bulan ini, jenis pelanggar lalu lintas yang dilakukan pengendara beraneka ragam. “Macam-macam jenis pelanggarannya, mulai melanggar marka jalan, rambu-rambu, maupun kelengkapan administratif seperti SIM. Dan bagi para pelanggar kita tetap mengunakan E-tilang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Jombang, Ajun Komisaris Polisi Inggal Widya Perdana, SH, SIK mengungkapkan bahwa angka kenaikan dari operasi zebra tahun lalu mencapai 3.592. Dari jumlah itu, kendaraan roda dua mendominasi dengan total pelanggaran mencapai 3.233 pelanggar dan sisanya yakni 358 adalah kendaraan roda empat.

“Pada tahun ini, operasi zebra yang terdata sampai 14 hari mencapai 6.696 pelanggar, dengan R2 sebanyak 5.936 pelanggar dan R4 sampai 760 pelanggar,” ungkapnya.

Dari jumlah itu, lanjut Kompol Inggal Widya, pelanggaran didominasi oleh pengendara roda dua yang tidak memiliki SIM, melanggar rambu-rambu maupun tidak memakai helm. Sedangkan untuk roda empat yang menonjol adalah melanggar marka jalan.

“Untuk pelanggar rambu-rambu dan marka dengan muatan ada 52, pelanggar surat-surat ada 183, sedang markah jalan sebanyak 378, pelanggar rambu-rambu paling tinggi mencapai 5.424. sedangkan untuk  kelengkapan ada 628,” jelasnya.

Kasat Lantas Polres Jombang menghimbau, meski Operasi Zebra sudah berakhir, seluruh masyarakat di kota santri selalu tertib berlalulintas serta menyadari akan pentingnya tertib lalulintas dan bagi pengendara diminta selalu melengkapi surat-surat kendaraan maupun memakai helm saat berkendara

“Tetaplah tertib berkendara walaupun Operasi Zebra telah berakhir, marilah kita bersama-sama untuk stop pelanggaran, dan stop kecelakaan,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed