oleh

UMK Kediri Bangun Kreatifitas Pemasaran Online

Kediri Era digitalisasi saat ini menjadi peluang bagi pelaku usaha, Menengah dan Kecil (UMK) untuk meraup keuntungan melalui perdagangan elektronik atau e-commerce. Dalam rangka mendorong para nasabah binaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) untuk merambah bisnis e-commerce, diadakan pelatihan bertemakan “Membangun Kreatifitas Penjualan Melalui Online di Era Digital dan Pasar Bebas” di Rakotos Lesehan dan Resto pada Sabtu (25/11/2017).

Agung Kusdyarto, Pemimpin Cabang UlaMM menyampaikan pesan dari Direktur Bisnis 2, Bpk. Bambang Siswaji bahwa “Saat ini pelaku UMK harus lebih kreatif memasarkan produk mereka, salah satunya melalui pemasaran  online. Penggunaan media sosial dan toko virtual akan sangat menekan biaya pemasaran offline yang biasa dijalankan. Dengan begitu, tidak hanya keuntungan secara materiil yang akan didapatkan, tetapi juga peluang untuk memperluas pasar ke seluruh penjuru Indonesia”. Pelatihan dihadiri oleh 83 nasabah ULaMM dari beragam latar belakang usaha seperti perdagangan dan jasa.

“Kendala yang sering dihadapi oleh pelaku UMK adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan usaha mereka. Melalui pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada nasabah PNM, diharapkan mereka dapat berinovasi dan mengembangkan usaha mereka dari hal yang paling sederhana seperti memanfaatkan media online dan toko virtual sebagai pasar mereka untuk berjualan dan promosi”, tambah Agung Kusdyarto. Pelatihan memberikan tata cara menjalankan e-commerce, serta menjadikan dagangan mereka terlihat lebih menarik dengan materi promosi yang kreatif.

Kegiatan pelatihan menghadirkan Riska Nurtantyo Sarbini, ST., MT. (Dosen & Praktisi Digital Marketing) yang memberikan materi mengenai trend perkembangan tekhnologi dan gaya hidup masyarakat modern. Serta tips dan trik berjualan melalui marketplace, yang dapat dimanfaatkan para nasabah untuk meningkatkan omzet usaha yg digeluti saat ini. Kegiatan pelatihan merupakan salah satu realisasi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang diperuntukan untuk nasabah ULaMM. PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha, namun juga disertai dengan pendampingan dan jasa manajemen.

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaya pembiayaan lainnya.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.

Saat ini PNM memiliki 1.865 kantor layanan, yang terdiri dari 63 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.171 kantor cabang Mekaar.

Informasi lebih lanjut:

YR Wijayandaru

Kepala Bagian Komunikasi Perusahaan

PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

yrwijayandaru0329@pnm.co.id

www.pnm.co.id

 

Komentar

News Feed