oleh

Seniman Kopi Jombang, “Membentang Ijo Abang” di Surabaya

Jombang – Komunitas Pelukis Jombang (Kopi) menyuguhkan karyanya dengan mengelar pameran lukis bertajuk “Membentang Ijo Abang” selama lima hari di Taman Budaya Cak Durasim, Galeri Prabangkara, Jalan Genteng Kali, Surabaya, Jawa Timur.

Pameran Lukisan dengan menampilkan 49 karya sengaja dipamerkan pada 26 sampai 30 Desember 2017 oleh 26 seniman asli Jombang yang membentuk nama Kopi. Pada acara pembukaan pameran lukisan ini, dibuka secara langsung oleh Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Jombang dan juga dihadiri oleh perwakilan Dewan Kesenian Jawa Timur serta perwakilam dari pengurus Taman Budaya Jawa Timur.

“Saya sangat bangga sekali atas suksesnya acara pameran yang digelar oleh para seniman jombang yang bisa membawa nama baik di tingkat Provinsi Jawa Timur,” ungkap  Plt Kepala Disbudpar Kabupaten Jombang, Dra Tjitrawati kepada Akurasinews.com, Jumat (29/12/2017).

Kepala Disbudpar mengatakan sangat mengapresiasi acara pameran lukis yang digelar oleh sejumlah seniman putera daerah ini. Ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten akan terus memperhatikan para penggiat seni di Kabupaten Jombang.

“Pemkab Jombang sendiri akan terus berupaya untuk memfasilitasi para senimannya, kita sudah mulai kemarin menggandeng stakeholder seperti Dewan Kesenian Jombang yang telah dikukuhkan oleh Bupati Jombang. Saya berharap acara ini memacu semangat para penggiat seni di Jombang agar terus berkarya dan berkembang,” paparnya.

Sementara Itu, Dewan Pembina Komunitas Pelukis Jombang sekaligus Ketua Panitia, Eko Utomo menjelaskan bahwa pameran lukis yang sengaja digelar di Surabaya ini bertujuan untuk memperkenalkan karya seniman Jombang ke daerah lain.

“Ini bertujuan untuk memperkenalkan karya kita ke daerah lain sekaligus menambah pengalaman bagi penggiat seni Jombang,” ujar Eko Utomo.

Menurut Eko Utomo, Tema “Membentang Ijo Abang” dipilih karena para seniman lukis di Jombang memiliki banyak karakter yang dituangkan dalam berbagai karya lukis di kanvas. Sedangkan ijo abang sendiri adalah mewakili dari identitas Kabupaten Jombang.

“Membentang Ijo Abang diartikan bahwa kawan-kawan ini mengeksplor karya-karya yang beragam. Disini ada banyak karakter dan isme yang dimiliki oleh setiap pelukisnya, sedangkan ijo abang adalah mewakili identitas Jombang,” jelasnya.

 

Terpisah, Sherli Lin (33), Seniman yang sering memakai media lukis pensil (sketsa) juga turut memamerkan karya lukisnya mengungkapkan rasa bangganya bisa turut ambil bagian memamerkan karyanya.

“Ya yang jelas saya bangga bisa ikut pameran ini. Ini pameran saya yang pertama di luar Jombang. Saya berharap pameran seperti ini terus digelar,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed