oleh

Diguyur Hujan, Enam Kecamatan di Jombang Terendam

Jombang – Guyuran hujan lebat sepanjang malam di seluruh wilayah Kabupaten Jombang, mengakibatkan   enam Kecamatan terendam Rabu (21/02/2018).  Keenam kecamatan itu diantaranya wilayah Kecamatan Mojoagung, Mojowarno, Jogoroto, Ngoro, Bareng dan Gudo.

Pantauan awak media di Kecamatan Gudo, banjir merendam Pasar Desa Blimbing hingga ke pemukiman warga dengan ketinggian air mencapai tiga puluh sentimeter. Kemudian, terlihat didepan jalan raya Pasar yang menghubungkan wilayah  Gudo dengan Kecamatan Ngoro genangan banjir mencapai satu meter

“Banjir terjadi pada subuh. Ada tanggul dibelakang pasar yang memecah aliran Sungai Konto jebol,” ungkap Suhariyanto (43) salah satu pedagang saat ditemui wartawan di Pasar Blimbing, Kamis (22/02/2018).

Sementara itu di wilayah Kecamatan Mojowarno, banjir melanda sembilan desa dengan ketinggai air di masing-masing desa mencapai lima puluh sentimeter hingga dua meter. Seperti pemukiman warga Desa Mojojejer dengan ketinggian 35 cm, Desa Selorejo mencapai 50 cm, Desa Catakgayam banjir 20 hingga 30 cm dan di Desa Grobogan untuk rumah dekat sungai mencapai dua meter.

Kemudian, ada 5 ruas jalan juga terendam banjir yaitu di Desa Kedungbader, Gondek, Mojowangi, Sidokerto dan Japanan dengan ketinggian air antara 30 cm hingga 1,5 meter.

“Banjir terjadi dari pada hari Kamis petang mulai pukul 01.30 WIB, memasuki pemukiman rumah warga dan badan Jalan raya untuk wilayah Mojowarno. Banjir diperkirakan akibat dari luberan sungai dari Kecamatam Bareng dan Wonosalam. Untuk korban jiwa nihil dan untuk saat ini alhamdulillah sudah surut,” jelas Kepala Kepolisian Sektor Mojowarno, Ajun Komisaris Polisi Wilono.

Sementara, di Kecamatan Mojoagung, banjir melanda  Dusun Pakunden dan Dusun Kebondalem Desa Kademangan. Di Kecamatan Jogoroto, banjir melanda Desa Jogoroto dengan ketinggian air rata-rata 70 sentimeter hingga 80 sentimeter. Dan di Kecamatan Ngoro, banjir melanda Desa Kauman, Sidowarek, Sugihwaras dan Ngoro. Ketinggai air rata-rata 50 sentimeter. Di Kecamatan Bareng, banjir melanda Desa Mojounggul.

“Kita sudah mendirikan dua posko pengungsi di Kecamatan Mojoagung, terletak di Balai Desa Gambiran sudah ada 192 orang dan di Balai Desa Kademangan ada 42 orang pengungsi. Kemudian di Desa Catakgayam, Kecamatan Mojowarno  masih dalam proses pendataan,” kata Anggota BPBD Jombang Stevy Maria.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed