oleh

Mancing Mania, Bu Mun Komitmen Minimalisir Banjir Tahunan di Mojoagung

Jombang – Hj Mundjidah Wahab bersama rombongan kampanye Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1 berbagi resep menanggulangi banjir tahunan di kawasan Mojoagung kepada puluhan komunitas Mancing Mania saat mengunjungi kolam pancing di Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Dalam sambutannya, Hj Mundjidah Wahab yang akrab disapa Bu Mun menyapa serta berbaur dengan komunitas pemancing hingga memberikan komitmen untuk mengatasi penanggulangan banjir tahunan di lokasi tersebut.

Menurutnya, problematika banjir Mojoagung menjadi persoalan hampir setiap tahun terjadi di daerah ini, karena itu perlu langkah-langkah untuk meminimalisir banjir langganan yang selalu dialami oleh warga setempat. Salah satunya dengan mengsingkronisasi lintas kebijakan yang mana dimulai ke daerah sampai ke pusat.

“Kita inginnya meminimalisir masalah banjir di Mojoagung ini, Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Jombang harus duduk bareng mengatasi hal ini,” ungkapnya kepada awak media usai bertemu komunitas mancing mania, Minggu (11/03/2018)

Untuk diketahui sebelumnya, Kawasan Mojoagung merupakan daerah yang di lewati sungai, seperti Kali Gunting yang menjadi kewenangan pemerintah pusat. Dalam hal ini adalah Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pusat.

Hampir setiap pergantian tahun kawasan tersebut menjadi langganan banjir, dan efek terjadinya banjir dari daerah hulu disekitar wilayah Wonosalam yang bergeorafis dataran tinggi. “Kita harus bersama-sama, tidak bisa kita mengatasi (banjir) ini dari Kabupaten Jombang saja,” tegasnya.

Sementara, saat menyapa komunitas mancing mania, Bu Mun mengatakan bahwa, sangat mengapresiasi eksistensi mereka (pemancing) sebagai salah satu bentuk penyalur hobby. Namun, paslon nomor urut satu ini berpesan kepada pamancing, agar hobby tidak harus melupakan aktifitas lain yang juga tak kalah pentingnya.

Selain itu, Bu Mun juga berkomitmen untuk membenahi infrastruktur dikawasan Mojoagung, dari menanggulangi banjir hingga menambah area bermain untuk anak-anak serta orang tua di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mojoagung.

Terpisah, Nur Aini Ruba’i (46) pengelola kolam pancing menuturkan, bahwa hampir tiap hari minggu, tempat yang ia kelola banyak di kunjungi orang-orang yang memiliki hobi memancing dari berbagai kelompok di sekitar Jombang maupun juga luar kota. Dikunjungi oleh Calon Bupati Kabupaten Jombang, Pengelola kolam pancing merasa senang dan bangga.

“Kolam pancing ini tiap hari minggu memang ramai, berhubung dari anggota komunitas mancing tertarik dengan Bu Mun dan Mas Rambah (Sumrambah), maka kita memberikan bonus ikan sekitar 1,5 kwintal untuk pemancing. Mereka tetap membayar 35 ribu dengan hadiah 1,5 juta rupiah, kita kasih bonus (ikan) 1,5 kwintal,” jelasnya

Rubai menambakan, terkait banjir yang sering terjadi tiap tahunnya di Mojoagung, ia berharap baik Bu Mun maupun Mas Rambah bisa meminimalisir persoalan banjir yang ada di daerahnya, jika nantinya Pasangan ini duduk sebagai pimpinan di Kabupaten Jombang. “Harapan saya, minimal kita minta baik kepada Bu Mun dan Mas Rambah agar banjir di Mojoagung ini bisa di kurangi,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed