oleh

Jaringan Curanmor Luar Kota, Diringkus Tim Cyber Polsek Peterongan

Jombang – Petugas Unit Reserse Kriminal dan Tim Cyber Kepolisian Sektor Peterongan berhasil meringkus dua pelaku pencurian tujuh unit kendaraan bermotor dan satu penadah jaringan luar kota Kabupaten Jombang.

Kepala Kepolisian Sektor Peterongan, Ajun Komisaris Polisi Mintarto mengatakan, penangkapan bermula dari pencurian kendaraan bermotor milik warga di Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Melalui media sosial Tim Cyber Polsek memantau tersangka berminggu-minggu.

Alhasil, Senin (12/03/2018) sore berhasil membekuk pelaku Ranmor bernama Aris Santi (37) warga Dusun Wonokerto, Desa/Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang dan Purdianto (25) warga Dusun/Desa Plosokerep, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang.

Kemudian esok paginya mengamankan penadah bernama Risal Bagus Ferdiansyah (22) asal Desa Gadungan, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, saat bertransaksi di Patung Garuda, Kecamatan Pare, Kabupaten Pare. “Modus pelaku menggunakan media sosial untuk melakukan transaksi barang, dari situ kita pantau dan kebetulan diwilayah saya ada kejadian. Alhamdulillah bisa kita ungkap,” ujarnya.

Pengakuan dari salah satu pelaku memperoleh barang tersebut selama satu bulan. Selain itu, pelaku melakukan aksi pada malam hari. “Beroperasi disekitaran Jombang, pelaku mencuri dengan merusak kunci rumah korban. Kita pertama menangkap di Kediri, karena dia yang menerima barang, kemudian kedua pelaku eksekutor ditangkap di Mojokerto dan Jombang,” ungkapnya.

Dari penangkapan jaringan luar kota tersebut, petugas Polsek Peterongan berhasil mengamankan barang bukti berupa, tujuh unit kendaraan roda dua berbagai merek, dua handphone, dua mesin protolan, satu buah kerangka motor.“Kita juga mengamankan sisa hasil penjualan sebesar dua ratus lima puluh ribu rupiah. Biasanya dijual kisaran lima ratus hingga tujuh ratus lima puluh ribu rupiah per unit,” jelasnya.

Akibat perbuatannya tersebut, kedua pelaku dijerat Pasal 363 ke 4e dan 5e KUHP dengan ancaman hukuman kurangan lebih dari lima tahun kurungan dan untuk penadah diterapkan pasal 480 tentang penadahan. “Dari tangkapan ini, tetap nanti akan kita kembangkan, mudah-mudahan ada pelaku lainnya,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed