oleh

KPU Serahkan BK Paslon Bupati Jombang

Jombang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang telah selesai membagikan Bahan Kampaye (BK) dan Alat Peraga Kampanye (APK) kepada Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Jombang 2018. Ketiga tim paslon datang ke kantor KPU dengan membawa kendaraan masing-masing.

“Untuk BK (bahan kampanye) sudah selesai didistribusikan ke tim masing-masing pasangan calon,” ungkap Komisioner KPU Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat M Fatoni ditemui awak media di Kantor KPU Jombang, Selasa (20/03/2018)

Masing-masing paslon, kata Fatoni mendapat 896 ribu lembar BK, yang terdiri dari 448 ribu brosur dan 448 ribu flyer atau selebaran. Sarana bahan kampaye bisa digunakan oleh tim pemenang untuk bersosialisasi saat kampaye dan juga bisa membagikan dibeberapa titik strategis.

Fatoni mengigatkan, agar tim pemenangan tidak seennaknya menempatkan brosur maupun selebaran ditempat-tempat umum yang dilarang, seperti sekolah, tempat ibadah. Maupun gedung perkantoran milik pemerintah.

“Penggunaan terserah mereka mau diapakan atau ditempelkan boleh, dibagikan juga boleh, namun untuk rumah sakit atau tempat umum lain, dilarang. Artinya, kami beri tim pemenangan kebebasan untuk memasang asalkan tetap mematuhi aturan yang ada,” jelasnya.

Sementara itu, mengenai desain bahan kampaye untuk ketiga paslon berbeda-beda. Seperti paslon nomor urut satu, Mundjidah Wahab – Sumrambah menggunakan desain surat suara dominan berwarna hijau dan merah, kemudian untuk paslon nomor dua, Nyono Suharli – Subaidi desain lebih dominan warna hijau – kuning beserta paparan sembilan program unggulannya.

Sedangkan yang dipakai oleh paslon nomor tiga, Syafiin – Choirul Anam mendesain lebih didominasi warna merah seperti dari Partai pengusungnya berlambang kepala banteng dengan moncong putih. “Soal desain dari masing-masing paslon, kami hanya mencetak sesuai kebutuhan jumlah untuk masing-masing,” tegasnya.

Sementara itu, Jaffar Shodiq tim paslon nomor satu mengatakan akan segera menggunakan BK dalam sisa waktu kampanye kedepan dan menyampaikan terima kasih kepada KPU meskipun sempat terlambat sehingga berdampak pada sosialisasi yang kurang maksimal. “Dengan selesainya BK ini, kini kami tinggal menunggu selesianya APK (alat peraga kampanye) dari KPU,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed