oleh

Situs Calonarang Kembali Ditata BPCB

Kediri – Setelah beberapa kali terjadi pengrusakan, situs Calonarang yang terletak di area persawahan perbatasan Desa Sukorejo dan Krekep Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri ditata ulang oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan berkerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Kediri bersama  masyarakat setempat.

DITATA : Situs Calon Arang yang sempat dirusak oknum tidak bertanggung jawab kembali ditata (Rianto)

Pelaksana Teknis Kepurbakalaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Eko Priatno dilokasi Situs Calonarang mengatakan, penataan kembali Situs Calonarang merupakan bentuk perawatan dan juga pelestarian Benda Cagar Budaya agar bisa dilihat oleh masyarakat tanpa merubah bentuk keasliannya.

Hal senada diungkapkan oleh Bagian Perlindungan BPCB Trowulan, Wagiman. Menurutnya, mengembalikan bentuk asli dan juga menata pada posisi yang tepat terkait keberadaan Situs merupakan bagian penting yang harus dilakukan oleh BPCB. Selain itu juga untuk memudahkan perawatan dan juga pengecekan.

” Upaya perlindungan dan penataan ulang terhadap Situs Calonarang ini memang sudah menjadi kegiatan rutin. Distus Calonarang ada 17 benda cagar budaya yang ditata ulang dengan berbagai bentuk,” ujar  Wagiman, Rabu (04/04/2018)

Reporter : Rianto

Komentar

News Feed