oleh

Secercah Harapan Warga Lereng Pegunungan Kendeng

Nganjuk – Keseharian sebagian warga Desa Lengkonglor Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk seperti halnya warga lereng Pegunungan Kendeng pada umumnya yakni bekerja di sawah maupun ladang disekitar hutan.

Sengatan sinar matahari dikala siang dan dinginnya udara dikala malam seakan sudah menjadi ‘menu’ harian. Namun sayang, meski setiap hari sudah memerah keringat, berjibaku dengan lumpur kondisi perekonomian warga masih banyak yang kurang beruntung atau hidup dibawah garis kemiskinan.

SEMBAKO : Kapten Rusmanto memberikan paket sambako kepada warga Dusun Gurit Desa Lengkonglor Kecamatan Ngluyu (TIM TMMD FOR AKURASINEWS.COM)

Mbah Do misalnya, Setiap hari harus ke areal kawasan hutan untuk mencari pakan ternak, “Niki Weduse tiyang kulo Maro mas (Ini Kambing milik orang, saya bagi hasil mas),” katanya saat berbincang dengan akurasinews.com disekitar posko TMMD 101 2018 di Desa Lengkonglor Kecamatan Ngluyu. Sabtu (07/04/2018)

Kulitnya yang sudah keriput, rambutnya yang sudah berubah warna, kakek yang bernasib kurang beruntung ini tetap terlihat tegar, “Namine tiyang mboten gadah ngih kudu kerjo, mboten angsal males (Namanya orang tidak punya itu ya harus bekerja, tidak boleh malas),” tuturnya sambil sesekali menghisap sebatang rokok yang disuguhkan pewarta media ini.

Luar biasa, begitu kira-kira kata yang pas ditujukan kepada Mbah Do, di usianya yang sudah 68 tahun, dia tetap semangat bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Tadi pagi, secercah sinar harapan menghampiri Mbah Do, bersama dengan 24 warga kurang beruntung yang di Dusun Gurit Desa Lengkonglor Kecamatan Ngluyu.

BANTUAN : Mewakili Dandim 0810 Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono perwira pengawas Kapten Rusmanto memberikan bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu (SATGAS TMMD FOR AKURASINEWS.COM)

Melihat secara langsung kondisi keseharian warga, Dandim 0810 Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono  bersama dengan para anggota memberikan bantuan berupa paket sembako, “ Tidak seberapa, hanya paket sembako dan sedikit uang untuk kebutuhan lain,” ungkap Dandim dihubungi akurasinews.com.

Meski telah memberikan secara ikhlas. Namun sayang Dandim enggan merinci paket sembako yang telah diberikan kepada warga kurang beruntung itu, “Begini, kami ikhlas memberikan bantuan itu, tadi itukan saya bilang ke Pasi Intel Pak Woto, agar mendata. Ternyata ide memberikan bantuan itu disambut baik oleh para anggota, dan kita semua patungan, jadi bukan hanya saya namun semua anggota patungan untuk dibelikan paket sembako dan diberikan kepada warga” jelas Sri Rusyono.

RINGANKAN BEBAN : Bagi warga kurang mampu, mendapat bantuan paket berupa sembako seperti beras,gula dan kopi serta minyak goreng seakan mendapat rezeki nomplok, dalam beberapa hari kedepan setidaknya mereka sudah tidak lagi panik dengan kebutuhan makan sehari-hari (SATGAS TMMD FOR AKURASINEWS.COM)

Diperoleh informasi, mengenai paket sembako yang dibagikan kepada warga antara lain, beras, minyak gula pasir dan kopi “Pak Dandim juga memberikan amplop berisi uang tadi untuk semua warga penerima, hanya tidak diberikan secara langsung beliau di wakili oleh Kapten Rusmanto yang bertugas sebagai perwira pengawas,” kata salah satu anggota Kodim 0810 Nganjuk yang enggan namanya disebut.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed