oleh

Tanam Ribuan Pohon ‘Ajaib’ di Petak 73 Losari

Nganjuk- Selain terus bekerja bersama masyarakat membangun sarana infrastruktur berupa jalan penghubung Wilayah Kecamatan Gondang dan Wilayah Kecamatan Ngluyu program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun 2018 yang digelar oleh Kodim 0810 Nganjuk juga mengajak masyarakat Desa Lengkonglor, Kecamatan Ngluyu menanam tanaman ‘ajaib’ di hutan petak 73 RPH Losari BKPH Ngujung Barat KPH Jombang. Jumat (06/04/2018)

Penasaran dengan tanaman ‘ajaib’ yang ditanam oleh para anggota korp baju doreng bersama dengan warga Desa Lengkonglor Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk, berikut liputannya. Tumbuhan dari suku Moringaceae ini sejak dulu menjadi primadona untuk santapan sayur di rumah.

Tumbuhan ini bisa mencapai ketinggian belasan meter. Kelor, itulah nama tanaman ajaib yang ditanam TNI bersama masyarakat Desa Lengkonglor di hutan Petak 73 Losari. Disebut ajaib karena daun kelor yang berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai itu memiliki banyak kasiat.

SEMANGAT : Masyarakat Desa Lengkonglor semangat menanam tanaman Kelor di Petak 73 Losari. Dengan penuh semangat dibawah terik matahari warga bersama TNI bahu membahu melakukan penanaman (TIM TMMD FOR AKURASINEWS.COM)

“Ada seribu dua ratus bibit tanaman kelor, kami bersama masyarakat Desa Lengkonglor menanamnya bersama-sama di hutan petak 73 RPH Losari BKPH Ngujung Barat,” ujar Komandan Distrik Militer 0810 Nganjuk Letkol Arh. Sri Rusyono SE dihubungi akurasinews.com.

Untuk kegiatan penanam tersebut, lanjut Dandim melibatkan dua puluh anggota TNI dan lima belas warga Desa Lengkonglor dan Losari, “Kenapa kita pilih kelor, selain banyak manfaatnya, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan ekstra, ketika sudah mendapat sinar matahari dan air yang cukup, tanaman kelor pasti tumbuh,” paparnya.

Mengenai, luas area tanam, kata Letkol Arh. Sri Rusyono, adalah 1,3 hektar, di hutan Perhutani tepatnya petak 73 Losari, “Sudah kita koordinasikan dengan perhutani juga, karena memang areal penanam ada di wilayah KPH Jombang, meskipun lokasinya berada di Kabupaten Nganjuk,” jelasnya.

PENYIRAMAN : Meski jarak sumber air dengan area penanaman jauh, warga bersama TNI tetap semangat, penyiraman ini perlu dilakukan sebagai langkah awal penanaman pohon kelor (TIM TMMD FOR AKURASINESW.COM)

Berikut manfaat dan kasiat daun kelor dihimpun akurasinews.com dari berbagai sumber. Dilansir dari tipssehat99.tk, daun kelor itu ternyata mengandung 3 kali potasium dari pada pisang, 4 kali vitamin A dari wortel, 25 kali zat besi dari pada bayam, 7 kali vitamin C jeruk, 4 kali kalsium susu, dan 3 kali protein yoghurt.

Sungguh luar biasa, sayur asli Indonesia ini, dan telah populer faedahnya hingga ke mancanegara. Banyak peneliti yang telah menemukan faedah daun kelor untuk kesehatan.

Daun kelor sudah dianggap sebagai tanaman ajaib yang bisa dipakai sebagai obat herbal semua penyakit. Kandungan vitamin C daun kelor semakin banyak dari sayur ataupun buah lainnya. Di luar itu, kandungan vitamin A serta potasium dalam daun kelor sangatlah tinggi.

AJAIB : Pohon Kelor oleh sebagian masyarakat dianggap sebagai sesepuh Kayu bertuah dan Kayu Mistik di jagat raya karena memiliki khasiat yang luar biasa mulai dari daun, ranting, kulit, akar, getah dan serbuk yang kesemuanya berguna bagi kehidupan manusia mulai dari untuk sayur, makanan ternak, pengobatan multi guna, mistik ataupun sebagai tanaman herbal yang sudah teruji (Istimewa)

Tak heran bila daun kelor dianggap juga sebagai tanaman ajaib yang sangatlah bagus untuk badan.Kandungan-kandungan dalam daun kelor ini bikin daun kelor memiliki sangat banyak faedah. Diantara sederet manfaat daun kelor antara lain adalah menyehatkan kulit. Mengatasi penyakit diabetes. Menyehatkan mata. Mencegah kanker dan Obat rematik.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed