oleh

Terungkap Tujuh Sumber di Sendang Towo Menang

Kediri – Tidak hanya Sendang Tirto Kamandanu di Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Jawa Timur yang dikenal sebagai saksi sejarah. Ternyata disebelah selatan sekitar 1 kilometer dari Sendang Tirto Kamandanu juga terdapat Sendang Towo yang diketahui ada tujuh sumber mata airnya.

Sendang Towo dipercaya merupakan tempat pertemuan ghaib antara Ratu Niang Calonarang atau orang Bali menyebutnya Ratu Niang Sakti Calonarang dengan para Tokoh Kerajaan di seluruh Nusantara. Area Sendang Towo atau Sumber Towo memang sering juga dijadikan tempat ritual atau kirim doa para pelaku spiritual lintas kepercayaan yang berasal dari berbagai wilayah pelosok Nusantara.

Dharma salah satunya, seorang pelaku spiritual asal Pulau Bali yang tinggal di wilayah Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri saat datang ke lokasi dan bertemu dengan beberapa awak media mengatakan, jika di Sendang Towo atau Sendang Sudamala merupakan tempat bersih diri dari segala aura negatif atau pengaruh ghaib yang dialami oleh seseorang.

“Disini ada Tujuh Sumber Mata Air di area Sendang Towo atau juga disebut Sendang Tirto Kamandalu ( lain dari Sendang Tirto Kamandanu ) yang berada tidak jauh dari pemukiman Warga Desa Menang Kecamatan Pagu. Ini terlihat di aliran bawah dekat rerimbunan Pohon Bambu dan disitu banyak dijaga oleh berbagai macam makhluk ghaib namun tidak menggangu manusia,” tutur Dharma, Minggu (07/04/2018).

Sendang atau Sumber Air Towo, lanjut Darma yang dibentuk kolam diatas dan bisa untuk Mandi tersebut merupakan Sumber Mata Air yang ketiga diantara tujuh Sumber yang ada. Maka dari itu para pelaku Spiritual seringkali datang melakukan ritual kirim doa sebelum akhirnya melanjutkan ke Sendang Tirto Kamandanu.

Sekarang untuk kolam yang paling besar oleh warga setempat melalui kegiatan karang taruna difungsikan untuk memelihara ikan berbagai jenis dengan maksud agar pengunjung yang datang bisa menikmati pemandangan selain pemandangan alam yang ada.(*)

Reporter : Rianto

Komentar

News Feed