oleh

Semakin Ketat, UNBK SMAN I Jombang Diawasi Kamera CCTV

Jombang – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Jombang berlangsung sangat ketat, selain diawasi para pendidik, Closed Circuit Television (CCTV) juga dipasang disetiap kelas untuk mengontrol siswa-siswi dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Berbeda dengan tahun lalu, untuk mempermudah pengawasan, kali ini pelaksanaan UNBK selain melibatkan guru pengawas di sekolah juga dilakukan dengan menggunakan kamera CCTV di setiap ruangan.

PENGAWASAN : Guru Pengawas UNBK di SMAN 1 Jombang, melakukan pengawasan dengan kamera CCTV (Saha)

Salah satu sekolah yang sudah menggunakan CCTV adalah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jombang. “ CCTV untuk meminimalisir gangguan pada siswa saat mereka mengerjakan soal ujian, dan pengawasan berlapis ini untuk membantu para siswa lebih fokus mengerjakan soal-soal ujian. Selain itu hal ini untuk memupuk sikap jujur masing-masing siswa,” ungkap Kepala Sekolah Nur Hidayat kepada awak media, Senin (09/04/2018) pagi.

MEMERIKSA : Kepala Sekolah SMAN I Jombang Nur Hidayat memeriksa mesin genset yang disewa untuk antisipasi jika terjadi pemadaman aliran listrik agar UNBK berjalan lancar dan kosentrasi siswa tidak terganggu (Saha)

Selain menggunakan CCTV, pihak sekolah juga menyewa mesin genset, untuk berjaga-jaga jika listrik padam saat berlangsung UNBK agar tidak menganggu konsentrasi peserta ujian. “Menyewa genset, perharinya lima ratus ribu rupiah dan mencapai tujuh juta rupiah selama pelaksanaan UNBK. Mengenai sumber dana diambilkan dari komite,” jelasnya.

Untuk diketahui, jumlah siswa SMAN 1 Jombang yang mengikuti UNBK pada Senin (09/04/2018) dengan materi uji Bahasa Indonesia mencapai 293 siswa yang dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pagi dan siang.

MONITORING : Dua Pengawas terus memantau siswa-siswi saat berlangsung UNBK di SMAN 1 Jombang melalui kamera CCTV (Saha)

Sementara berdasarkan data dari Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Jombang, total seluruh pelajar peserta UNBK mencapai 22.093 siswa SMA sederajat se- Kabupaten Jombang. Jumlah ini merupakan akumulasi mulai dari siswa SMA sebanyak 6.494, Madrasah Aliyah (MA) sejumlah 6.583 siswa, dan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 9.016. siswa

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed