oleh

Kunjungi Pabrik Sepatu Jombang, Mbak Puti Ingin UMKM Kerjasama dengan Industri 

Jombang – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno ingin para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) bekerjasama dengan industri besar. Hal itu disampaikan cucu Proklamator Bung Karno itu saat melakukan kunjungan ke PT Venezia Footwear, pabrik sepatu Bareng, Jombang, Jumat (13/04/2018).

Dalam kunjungannya, Mbak Puti didampingi oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Dra Sri Untari dan Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sadarestu beserta tim sukses pasangan calon nomor urut dua ini.

TAMPUNG ASPIRASI : Mbak Puti bersama Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Dra Sri Untari, menampung aspirasi karyawan pabrik sepatu di Kecamatan Bareng, Jombang (Saha)

Kedepan, kata Mbak Puti terkait dengan perizinan usaha atau industri akan lebih diperbaiki lagi untuk memudahkan para investor “Untuk perizinan nanti kita juga akan perhatikan,” tuturnya kepada awak media di Pabrik Sepatu Jombang, Jumat (13/04/2018) pagi.

Usai dialog dengan pimpinan pabrik sepatu, Mbak Puti bersama para rombongan mengelilingi pabrik dan sekaligus melihat proses produksi. “Tadi saat saya tanya soal bahan dasarnya darimana, ternyata mereka masih import. Di Jawa Timur ini masih belum ada teknologi untuk kulit yang belum bisa menyamai dari Cina ataupun Itali misalnya,” ungkapnya

Melihat hal itu, Pemerintah Provinsi kedepan harus bisa memfasilitasi kerjasama pelaku UMKM dengan perusahan-perusahann besar seperti ini, untuk menciptakan perekonomian kerakyatan di Jawa Timur.

“UMKM sekitar sini seharusnya kerjasama dengan industri besar seperti ini. Untuk kedepan, kita upayakan pemerintah provinsi memfasilitasi mesin atau dengan memanggil tenaga ahli yang bisa membuat kulit di Jawa Timur ini sesuai dengan stadarisasi kualitas ekspor,” jelasnya.

SEPATU : Mbak Puti dan Mbak Estu mendapat penjelasan dari manajemen pabrik sepatu terkait kualitas kulit import yang digunakan pabrik sepatu Bareng Jombang (Saha)

Terkait dengan pengurangan karyawan di perusahaan besar. Cucu dari Presiden RI Pertama ini menyampaikan, harus ada keseimbangan antara hak buruh dan hak pengusaha “Ini soal regulasi, regulasi itu sebenarnya ranahnya pemerintah pusat. Jadi kita berdua ketika jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim akan selalu menjaga keseimbangan ini dan menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat soal regulasi, agar investasi disini tidak keluar,” pungkas Puti Guntur Soekarno.

Selain melakukan kunjungan ke pabrik sepatu PT Venezia Footwear di Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, bersama rombongannya Mbak Puti melanjutkan ke sejumlah tempat, seperti ke Posko Pemenangan Denanyar, kemudian terakhir menuju ke Kantor DPC PDI Perjuangan untuk mengikuti  Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) di Kecamatan/Kabupaten Jombang.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed