oleh

Pilkada 2018, KPU Jombang Siapkan  3.187 Kertas Suara Untuk Penyandang Disabilitas

Jombang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang terus melakukan berbagai upaya agar partisipasi pemilih dalam pilkada 2018 maksimal. Antara lain dengan menyiapkan berbagai fasilititas yang bisa memudahkan penyandang disabilitas untuk mendapatkan hak politik dalam sosialisasi bersama Pertuni (Persatuan Tuna Netra Indonesia) dan IPC (Ikatan Penyandang Cacat) menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Kita  berharap, penyandang disabilitas tetap bisa menggunakan hak pilihnya, ” ujar Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Jombang, M Fathoni ditemui awak media di depan Gedung Husni Kamil Manik, KPU Jombang, Kamis (19/04/2018)

Selain kertas khusus, untuk penyandang disabilitas juga disiapkan pendamping saat pencoblosan di bilik suara, “Di TPS nanti akan ada pendamping. Mereka yang berkebutuhan khusus akan kita dahulukan dari pemilih-pemilih lainnya,” jelasnya.

Sosialisasi terhadap para penyandang disabilitas ini, menurut Fathoni merupakan agenda yang selalu dilakukan setiap menjelang pemilihan kepala daerah maupun pemilihan umum. Hal tersebut sebagai bagian dari kewajiban yang harus dilakukan oleh KPU. “Agenda dengan teman-teman berkebutuhan khusus ini selalu ada di setiap pemilu, ini adalah salah satu sasaran dari penyelenggaraan pemilu yang harus disosialisasikan,” tegasnya.

Sementara, pembina dari Kelompok Penyandang Cacat (IPC) Kabupaten Jombang, Faizzudin mengatakan, sosialisasi yang dilakukan oleh KPU tersebut dinyatakannya kurang persiapan karena kurangnya alat peraga sosialisasi.

“Jadi yang kita sesalkan adalah yang pertama, kurangnya alat peraga yaitu tamplate. Tamplate itu harus ada saat sosialisasi, dan itu sangat diperhatikan oleh KPU RI. Dan yang kedua adalah fasilitas terkait dengan akses teman-teman ke kantor KPU. Seperti ini (tidak adab akses khusus disabilitas, red), ini tidak ramah bagi disabilitas,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed