oleh

Sambut Sedekah Akbar Punden Panjalu, Gotong Royong Bersihkan “Tirto Sendang”

Nganjuk – Merasa telah menjadi bagian warga Desa Lengkonglor Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk. Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa ke 101 Kodim 0810 Nganjuk secara gotong royong bersama warga membersihkan ” Tirto Sendang”.

Kegiatan itu dilakukan untuk menyambut tradisi sedekah bumi atau sedekah akbar (besar) warga desa setempat yang bakal digelar pada 27 – 28 April 2018 dipusatkan di Punden Gunung Panjalu Kawasan Lereng Pegunungan Kendeng Ngluyu.

“Anggota sudah merasa menjadi bagian dari warga Desa Lengkonglor, jadi begitu mendapat informasi tentang rencana sedekah bumi itu, anggota langsung mengambil inisiatif melakukan pembersihan Tirto Sendang, karena rangkaian ritual yang akan dilakukan warga berkaitan dengan sumber air tersebut,” ujar Komandan Kodim 0810 Nganjuk Lekol Arh Sri Rusyono kepada akurasinews.com, Minggu ( 22/04/2018)

Tradisi itu, lanjut Sri Rusyono berdasarkan dari informasi yang dihimpun merupakan tradisi tahunan warga, ” Tradisi sedekah bumi itu, menurut tokoh Desa Lengkonglor merupakan ritual turun temurun, ini sangat baik sekali, makanya anggota inisiatif mengajak warga gotong royong membersihkan Tirto Sendang,” paparnya.

Untuk diketahui, Tirto Sendang adalah sumber air yang dipergunakan warga setempat. Selain dipergunakan untuk kebutuhan minum, air dari sumber ini juga dipergunakan untuk pengairan lahan sawah. Namun begitu, meski saat musim kemarau, sumber air Tirto Sendang ini tidak pernah kering.

Menurut Sumarsono (46) warga Desa Lengkong Lor,kegiatan membersihkan dan menguras air lumpur di Tirto Sendang ini merupakan inisiatif dari Satgas TMMD Kodim Nganjuk. “Karena sudah satu tahun tidak dirawat, Bapak TNI mengajak warga membersihkan sumber air Tirto Sendang tersebut,” ujarnya.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed