oleh

Damdim : Nyadran, Budaya Bangsa yang Harus Dilestarikan

Nganjuk – Bertempat di area makam Eyang Gunung Jalu ratusan warga Dusun Sumberayu Desa Lengkonglor kecamatan Ngluyu menggelar acara sedekah bumi atau bersih desa/nyadran, Jum’at ( 27/04/2018).

” Nyadran atau sedekah bumi itu adalah warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan. Meskipun kita sudah hidup di milenium atau era digital, tetap menjaga warisan budaya leluhur sifatnya sangatlah penting,” kata Komandan Kodim 0810 Nganjuk Lekol Arh Sri Rusyono kepada akurasinews.com disela sela mengikuti yadran di punden Panjalu.

Mengikuti rangkaian ritual nyadran tersebut, lanjut Dandim salah satu bentuk kepedulian satgas TMMD ke 101 Kodim 0810 Nganjuk nguri nguri budaya jawi, ” Kegiatan fisik terus dikerjakan, non fisik juga jalan, menunggal bersama kegiatan warga juga terus Satgas lakukan, ya seperti sekarang ini, kita mengikuti nyadran yang digelar warga,” ungkap Dan Satgas TMMD tersebut.

Didampingi Kapten Inf Suwanto Dan SSK Satgas TMMD ke 101 Kodim 0810/Nganjuk, Dandim terlihat akrab dan berbincang dengan Sumaji, S.Sos Kades Lengkonglor dan Jaito sesepuh desa Lengkonglor.

” Acara ini digelar setiap tahun sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME yang telah memberikan karunia dan rezeki yang berlimpah selama ini,” kata Jaito yang juga sebagai juru kunci makam Eyang Gunung Jalu.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed