oleh

‘Sulap’ RTLH Jadi Hunian Nyaman

Nganjuk – Sekitar satu bulan, Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 0810 Nganjuk melaksanakan program bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik 10 warga Desa Lengkong Lor Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk.

Kini, warga miskin Lereng Pegunungan Kendeng tersebut merasakan hunian nyaman, tanpa harus khawatir bocor saat turun hujan. Menariknya dalam pelaksanaan program itu para prajurit penjaga keutuhan Negara Republik Indonesia itu rela turun secara langsung menjadi tukang bangunan maupun kuli sampai proses pembangunan selesai.

Bukan hanya sebatas satu atau dua hari saja, melainkan prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ke 101 Nganjuk, harus melakukan pembangunan rumah dari awal sampai tuntas. Dengan kata lain, mereka ‘menyulap’ rumah tidak layak huni menjadi hunian nyaman.

Pemandangan itu salah satunya terlihat di rumah Sutono, warga Desa Lengkong Lor. Di situ terlihat sedikitnya empat prajurit TNI tengah menjadi kuli bangunan. Kendati menggunakan atribut TNI, mereka terlihat tidak canggung sama sekali menjadi kuli bangunan di satu dari 10 rumah tidak layak huni yang dibedah.

Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD ini begitu lihai dalam menggunakan peralatan tukang bangunan. Seperti, menyusun batu bata di atas semen yang sudah bercampur pasir bangunan. Sesekali mereka juga terlihat memperbaiki benang yang digunakan sebagai patokan dalam meluruskan bangunan.

“ Sangat bersyukur, karena sekarang menjadi bagus dan sangat nyaman untuk dihuni. Bangunan rumah saya jadi jauh menjadi lebih kokoh jika dibanding kondisi sebelumnya,” tutur Sutono Selasa (01/05/2018)

Pengabdian para prajurit korp baju doreng tersebut tidak sia-sia. Hari ke hari masyarakat semakin dekat dengan para Satgas TMMD. Bahkan, beberapa warga sampai menangis ketika mengetahui kegiatan TMMD ke 101 Nganjuk, yang difokuskan di desanya akan segera berakhir.

“Satu yang paling membuat saya sedih, karena setelah ini tidak berkumpul lagi sama pak TNI. Kami hanya berharap silaturahim ini tetap tersambung dengan baik. Begitu banyak jejak positif yang mereka tinggalkan untuk masyarakat Desa Lengkong Lor,” pungkas Sutono.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed