oleh

Jelang Ramadhan, Polres Pantau Kenaikan Harga Sembako

Jombang – Menjelang bulan suci Ramadhan,  harga kebutuhan pokok rumah tangga di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jombang mulai mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir. Seperti harga Cabai, tomat, dan bawang. Untuk itu, Kepolisian Resort Jombang menerjunkan tim untuk melakukan pemantauan lapangan. Hal itu dilakukan agar, tengkulak tidak mempermainkan harga pasar.

“Mau puasa bahan-bahan dapur naik semua mas, tidak itu saja daging ayam dan telur juga ikut naik. Makannya saya beli dipasar sekarang meskipun tidak banyak yang penting cukup dulu,” ujar Siti (42) ibu rumah tangga asal Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang saat ditemui di pasar legi Jombang, Senin (07/05/2018).

TURUN : Cabe Rawit di pasar Legi Jombang mengalami penurunan harga cabai rawit dari Rp 19 ribu menjadi Rp 15 ribu rupiah perkilonya (Saha)

Keluhan pembeli, juga dirasakan oleh pedagang, Minarsih penjual ayam yang tempat tinggalnya tidak jauh dari pasar mengatakan harga daging ayam sudah naik saat mengambil dari pemasok asal Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. “Karena stok terbatas, kenaikannya sudah seminggu kemarin. Kalau ramai sebulan bisa menjual satu kwintal setengah dan kalau sepi setengah saja,” ungkapnya

Data yang dihimpun akurasinews.com di pasar legi Kecamatan/Kabupaten Jombang. Harga daging ayam yang sebelumnya Rp 32 ribu, naik menjadi Rp 33 ribu- Rp 34 ribu perkilogramnya. Kemudian untuk kenaikan harga bahan kebutuhan pokok ada yang mengalami kenaikan dan ada juga yang turun, seperti yang saat ini harganya turun yakni, cabai rawit dari Rp 19 ribu menjadi Rp 15 ribu rupiah perkilonya.

HARGA SEPEKAN TERAKHIR : Harga daging ayam yang sebelumnya Rp 32 ribu, di Pasar Legi Jombang sejak sepekan terakhir naik menjadi Rp 33 ribu- Rp 34 ribu perkilogramnya (Saha)

Tidak demikian dengan cabai besar, dari harga semula Rp 22 ribu menjadi Rp 33 ribu perkilogram, untuk bawang merah yang semula Rp 25 ribu, naik di kisaran harga Rp 30 ribu. Kemudian untuk harga telur dari Rp 20 ribu menjadi Rp 24,5 ribu per kilongramnya.

Kasubbag Humas Kepolisian Resort Jombang, Inspektur Polisi Satu Sarwiaji saat melakukan sidak dilapangan untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci ramadhan mengatakan, kenaikan harga sembako untuk pekan ini mencapai lima persen.“Komoditas yang mengalami kenaikan antara lain, daging ayam, cabai merah, bawang merah, tomat, telur dan untuk yang masih stabil harganya adalah daging sapi, minyak goreng, dan gula pasir,” terangnya.

NAIK : Tidak seperti Cabe Rawit, di pasar Legi Jombang Cabe Besar justru mengalami kenaikan harga,dari harga semula Rp 22 ribu menjadi Rp 33 ribu perkilogram (Saha)

Menurut Iptu Sarwiaji, pihaknya akan terus melakukan pemantauan sekaligus penyelidikan agar tidak sampai harga dipermainkan oleh tengkulak sehingga merugikan masyarakat, “Mangkannya kami harus mengecek lapangan apa penyebabnya, apakah dari petani atau dari tengkulak yang bermain harga. Jadi kalau dia (tengkulak) masih bandel nantinya itu tugas Reskrim yang akan melakukan penegakan hukum,” tandasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed