oleh

Kapolres Jombang : Berani Jual Miras Terancam 15 Tahun Penjara

Jombang – Minuman Keras (miras) semakin marak peredarannya di Kabupaten Jombang, seringnya minuman itu memicu kriminal membuat Kepolisian Resort Jombang mengambil langkah tegas, untuk itu, Kepala Kepolisian Resort Jombang, Ajun Komisaris Besar Polisi Fadli Widiyanto mengatakan tidak akan menerapkan lagi pasal tindak pidana ringan (Tipiring) kepada penjual miras oplosan, namun akan menerapkan Undang-Undang perlindungan konsumen dan Undang-Undang Kesehatan.

“Jadi kami sudah tidak menggunakan tipiring lagi, berani jual miras terancam 15 tahun jenjara, agar menjadi efek jera bagi yang menjual oplosan yang sangat membahayakan kesehatan,” ungkap AKBP Fadli Widiyanto saat ditemui awak media usai pemusnahan barang bukti narkoba dan miras di halaman Mapolres Jombang, Selasa (15/05/2018).

FORKOMPIMDA : Forkompimda Jombang ikut memusnahkan barang bukti minuman keras dan narkoba di Halaman Mapolres Jombang (SAHA)

Bagi penjual, kata Kapolres akan menghadapi ancaman dengan hukuman 15 tahun. Hal itu dikarenakan banyak kasus tindak pidana karena pengaruh atau dampak minuman keras. Seperti kasus pemerkosaan  sebulan yang lalu yang dialami oleh pelajar asal Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, yang dilakukan 8 pemuda mabuk.

“Bagi para produsen minuman keras. karena itu membahayakan, apalagi yang oplosan. Akan dijerat pasal 214 tentang Kosumen dan Kesehatan dengan ancaman hukuman 12 tahun hingga 15 tahun penjara,”tegas Kapolres Jombang.

Sementara itu, Kasat Reskoba Polres Jombang, AKP Hasran SH MHum mengungkapkan, ada 413,449 gram narkotika jenis sabu dan 803 botol miras jenis arak serta 1 jerigen tuak ukuran 30 liter, dan puluhan miras lainnya dalam minuman kemasan botol dari berbagai merk dimusnahkan.

HASIL OPS TUMPAS SEMERU 2018 : Ribuan botol miras dari 183 kasus dan 215 orang pelaku adalah hasil ops tumpas semeru 2018 yang digelar Mapolres Jombang (SAHA)

“Ini semua hasil Ops Tumpas Narkoba Semeru tahun 2018 dan Ops Kewilayahan Khusus Miras, dengan total 183 kasus dan 215 orang pelaku,” kata  AKP Hasran pada laporannya pada saat Apel Pemusanahan Barang Bukti Narkoba dan Miras  di Mapolres Jombang.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed