oleh

Antisipasi Ancaman Teroris, Ruas Jalan Desa Kepatihan Dipasangi CCTV

Jombang – Untuk mengantisipasi ancaman teror yang marak terjadi belakangan ini seperti ledakan bom di berbagai tempat di Kota Pahlawan Surabaya, membuat Kepala Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang mengambil langkah pencegahan dengan memasang kamera pengawas Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah ruas jalan, mulai dari dekat pos jaga mengarah ke jalan raya hingga perkampungan rumah warga.

Langkah ini diambil untuk mengoptimalkan pantuan apabila terjadi sesuatu diruas-ruas jalan maupun diperkampungan warga, sebagai upaya mengantisipasi potensi ancaman teror. “Jadi pemasangan CCTV yang khususnya diwilayah Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang kita lakukan karena maraknya aksi teroris di Jawa timur akhir-akhir ini. Kami beserta elemen masyarakat dan stake holder mencoba untuk memasang CCTV sebagai salah satu langkah pencegahan khusunya di Desa Kepatihan ini,” ungkap Erwin Pribadi Kepala Desa Kepatihan, dikonfirmasi awak media di jalan RE Martadinata Kabupaten Jombang, Jumat (18/05/2018).

CCTV : Teknisi memasang CCTV untuk memantau aktivitas warga di Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang (SAHA)

Erwin mengatakan, CCTV dipasang disejumlah ruas jalan yang berada diwilayahnya sangatlah modern dengan memakai kabel USB serta bisa ditaruh dimana saja, dan alat tersebut bisa merekam video selama dua minggu dengan memori kecil yang bisa diambil sewaktu-waktu oleh rekan-rekan Kepolisian apabila ada kejadian di wilayahnya.

“Alhamdulillah hampir 34 RT diwilayah desa kami sudah separo lebih terpasang dan dalam waktu dekat kami akan memberikan laporan kepada pihak Kepolisian bahwasannya diwilayah kami sudah terpasang CCTV bilamana dibutuhkan oleh rekan-rekan Kepolisian,” imbuhnya.

PANTAU : Kepala Desa Kepatihan, Erwin Pribadi sedang memantau layar CCTV di Kantor Balai Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang (SAHA)

Menurutnya, di Desa Kepatihan semua ethnis ada, mulai Arab, China, Madura, serta dari Agama Budha juga ada, dan sekaligus ketua FPI Kabupaten Jombang juga warga Desa Kepatihan, lengkap disini termasuk juga tempat seperti Pondok Pesantren, Gereja, Kelenteng dan Masjid.

“Tempat-tempat yang kami pasang CCTV ini, menurut rekan-rekan tiga pilar dari Babinsa dan Babinkamtibmas ini memang merupakan titik-titik rawan kriminalitas dan aksi teroris. Kemudian kami juga berkordinasi untuk memastikan memang wilayah tersebut layak kita pasang seperti di poros-poros jalan dan ruas-ruas jalan yang memang sering dilewati oleh masyarakat disitulah yang kami pasang,” tegasnya.

CEK : Kepala Desa Kepatihan bersama Babinsa dan Babinkamtibmas saat memasang CCTV di Depan Gereja di Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang (SAHA)

Sementara itu, Subakin (52) warga RT 02, RW 07, Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang, berterima kasih kepada kepala desanya. Menurutnya, dengan memasang CCTV yang cukup murah ini bisa mencegah atau menangkal aksi teroris maupun kejahatan lainnya.

“Sebagai warga saya sangat berterima kasih kepada pak lurah Desa Kepatihan, karena adanya CCTV ini Desa kita akan lebih aman, dari gangguan teroris termasuk juga gangguan pencurian, penjabretan, dan sebagainya,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed