oleh

Urai Kemacetan Simpang Empat Bangjuri, Lebaran Fungsikan Tol Kertosono – Wilangan

Nganjuk – Ketika arus mudik lebaran, simpang empat Mengkreng Bangjuri (Jombang- Nganjuk – Kediri) menjadi titik kemacetan paling parah. Untuk itu petugas kepolisian harus ekstra keras melakukan rekayasa lalulintas untuk menguarai kemacetan di jalur kawasan niaga itu.

Persiapan itu juga telah dilakukan oleh Kepala Kepolisian Resort Nganjuk Ajun Komisaris Besar Polisi Dewa Nyoman Nanta Wiranta SIK, untuk mengurai kemacetan ketika arus mudik dan balik lebaran nanti, dengan didampingi para perwira baik Kepala Bagian maupun Kepala Satuan melakukan pengecekan ke ruas tol Wilangan-Kertosono, Rabu (23/05/2018)

Ruas tol sepanjang 37,7 kilometer yang merupakan bagian dari tol Trans Jawa itu direncanakan  akan difungsikan sebagai jalur arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Pengecekan itu dilakukan untuk mengetahui kesiapan proyek Nasional di wilayah Kabupaten Nganjuk tersebut, sebagai jalur fungsional mudik.

Hasilnya sejumlah titik belum dilakukan pengecoran. ” Iya masih ada beberapa titik belum dicor. Tol Kertosono-Wilangan ini nanti akan menjadi jalur mudik sebagai tol fungsional,” ujar AKBP Dewa Nyoman.

Selain itu, kata Kapolres, Jembatan penghubung ruas tol Kertosono-Wilangan juga ada yang belum bisa dilalui, karena masih dalam tahap pengerjaan. “Karena sifatnya masih fungsional, jadi nanti hanya satu lajur yang akan digunakan sebagai jalur arus mudik dan balik Lebaran 2018,” paparnya.

Polres Nganjuk, juga akan menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas selama arus mudik, untuk menjamin keselamatan para pemudik. Titik-titik rawan krimininalitas maupun kemacetan di sepanjang jalur mudik akan dijaga polisi selama 24 jam.

Untuk diketahui, tol Kertosono-Wilangan ini akan terhubung dengan ruas tol Ngawi-Madiun dan tol Jombang-Mojokerto. Jika, ruas tol Kertosono-Wilangan difungsikan sebagai jalur mudik, maka akan mengurangi potensi kemacetan sekitar 40 persen di simpang empat Mengkreng Bangjuri (Jombang-Nganjuk-Kediri).

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed