oleh

Launcher Girder Tol Soker di Atas Sungai Afvoer Roboh

Jombang – Penyelesaian proyek tol Solo-Kertosono (Soker) terganggu jelang arus mudik lebaran 2018, Launcher (alat pemasang girder atau jembatan beton) yang menghubungkan antara Desa Gondang Manis dan Desa Bandar Kedungmulyo, diatas sungai Afvoer besuk, Bandar Kedung Mulyo Ambruk, Senin, 21/05/2018.

Atas kejadian itu, bangkai alat launcher sudah dievakuasi dan sempat memakan waktu sekitar 24 jam untuk mengangkat besi besar yang jatuh ke sungai dengan kedalaman mencapai 20 meter itu. “Sudah dilakukan evakuasi dan alhamdulillah sudah selesai, tadi kita ke lokasi untuk melakukan pemantauan. Saat ini dilakukan pengerjaan ulang,” ujar Kepala Kepolisian Sektor Bandar Kedungmulyo, Ajun Komisaris Polisi Darmaji saat ditemui awak media di Mapolsek, Selasa (22/05/2018).

Meski tidak sampai mengakibatkan korban jiwa, kata AKP Darmaji, robohnya launcher girder membuat pihak pelaksana proyek tol diperkirakan mengalami mencapai tiga miliar rupiah, karena selain alat tersebut, crane juga ikut kena imbasnya. Untuk terus melakukan  pekerjaan pihak proyek akan segera memasang launcher girder cadangan yang berada di Kertosono, Nganjuk.

“Launcher lama yang patah katanya sudah tidak bisa dipakai, jadi harus membawa launcher baru. Dan di Kertosono ada dua cadangannya. Jika seluruh pemasangan Launcher selesai, maka Girder bisa segera dipasang. Dipastikan saat arus mudik nanti, Tol penghubung Jombang-Kertosono bisa fungsikan satu lajur dan bisa memperlancar arus mudik lebaran nanti,” terang AKP Darmaji.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed