oleh

150 Pekerja, Lipat 1.003.168 Lembar Surat Suara di GOR Merdeka

Jombang – Sebanyak 1.003.168 lembar surat suara untuk ‘pesta’ Pemilihan Bupati (Pilbup) Jombang telah diterima Komisi Pemilihan Umum, untuk mengkebut pentahapan, 150 partisipan atau pekerja pelipat surat suara dikerahkan untuk melakukan sortir sekaligus melipat surat suara di GOR Merdeka, Jombang.

“Surat suara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Jombang tahun 2018 ada 1.003.168 lembar. Kemarin ada kekurangan seribu lembar, hari ini sudah dikirim,” ungkap Muhaimin Sofi kepada awak media, Senin (28/05/2018).

Muhaimin Sofi mengungkapkan, pengiriman surat suara itu itu tiba pada hari Jum’at (25/05/2018). Ketika dilakukan penghitungan terdapat kekurangan, sebesar seribu lembar. Namun oleh rekanan sebagai pihak distributor penyedia surat suara dari Sidoarjo sudah langsung dikirim.

Mengenai biaya pelipatan, KPU Jombang menganggarkan Rp 90 untuk tiap surat suara. “Untuk tenaga pelipat ada seratus lima puluh orang dan masih bisa bertambah jumlahnya jika memang dibutuhkan, karena targetnya sepuluh hari harus selesai. Ongkos per lembar untuk pelipatan ini Rp 90. Antara Pilgub dan Pilbup beda ongkos karena pilbup itu lipatannya tiga, sedangkan pilgub itu sekali,” terangnya.

Terpisah, Rema Emiliyana (25) pelipat asal Desa Selorejo, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang mengatakan, saat melipat harus ekstra hati-hati, karena dikhawatirkan surat suara robek “Kemarin ada yang ngajak, ini ikutkan biar gak nganggur di rumah dan ongkosnya per lembar sembilan puluh rupiah, hasilnya bisa buat ngabuburit nanti. Saya juga baru pertama kali ini ikut, ya untuk kesulitannya takut sobek dan takut kotor kertas suaranya,” katanya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed